(e-RH) 10 Agustus -- IBRANI 11:1-7 - BERIMAN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 10 Agustus 2021
Bacaan : IBRANI 11:1-7
Setahun: Yesaya 47-51
Nats: Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang diharapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak dilihat. (Ibrani 11:1)

Renungan:

BERIMAN

Seorang ayah sangat berharap anaknya masuk ke fakultas kedokteran. Sang anak menolak karena merasa tidak berminat. Ia juga merasa tidak layak karena selalu remedi dalam mata pelajaran IPA dan Matematika. Namun sang ayah bersikeras. "Kamu pasti bisa! Mengapa ragu? Kita kan beriman!" Sungguhkah itu iman, atau pemaksaan keinginan?

Iman berjalan bersama-sama dengan harapan. Hal yang kita harapkan adalah hal yang kita imani. Iman merupakan keyakinan dan harapan yang teguh akan penggenapan Allah pada janji-Nya bagi kita di dalam Tuhan Yesus Kristus. Karena itu hidup dengan iman membuat orang percaya dipenuhi sukacita. Iman menunjukkan kepada akal budi akan kenyataan dari hal-hal yang tak dapat dicerna mata jasmani. Iman hanya menjadi pendapat atau sekadar angan-angan jika tidak membuat nyata hal yang tak terlihat bagi jiwa serta menggerakkan jiwa untuk berbuat sesuai hakikat.

Namun demikian beriman bukan berarti berharap dan yakin akan tercapainya semua keinginan yang jauh di luar kemampuan. Beriman bukan memaksa Tuhan mengabulkan keinginan. Iman menuntun kita mencari kebenaran Allah, percaya kebaikan-Nya, yakin akan firman-Nya, taat pada perintah-Nya, mengatur hidup sesuai janji-Nya, mencari yang surgawi, menolak bisikan kejahatan, menolak kenikmatan dosa, tabah dalam pencobaan, bertahan dalam penganiayaan dan rela menderita karena Allah. Karena itu semestinya orang percaya senantiasa penuh semangat! Melakukan bagiannya dengan penuh syukur karena ada jaminan dari Allah sekalipun segala sesuatu tidak berjalan seperti keinginannya. --EBL/www.renunganharian.net
   
IMAN BUKAN KEYAKINAN UNTUK MEMAKSA TUHAN. IMAN ADALAH KETAATAN MELAKUKAN PETUNJUK TUHAN TENTANG SESUATU YANG BELUM KELIHATAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/08/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/08/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?IBRANI+11:1-7

IBRANI 11:1-7

 1  Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
 2  Sebab oleh imanlah telah diberikan kesaksian kepada nenek moyang kita.
 3  Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.
 4  Karena iman Habel telah mempersembahkan kepada Allah korban yang lebih baik dari pada korban Kain. Dengan jalan itu ia memperoleh kesaksian kepadanya, bahwa ia benar, karena Allah berkenan akan persembahannya itu dan karena iman ia masih berbicara, sesudah ia mati.
 5  Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.
 6  Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.
 7  Karena iman, maka Nuh--dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan--dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+47-51
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+47-51

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar