(e-SH) 18 Juli -- Yesaya 63:7-14 - Tetap Setia

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 18 Juli 2021
Ayat SH: Yesaya 63:7-14

Judul: Tetap Setia

Perasaan seorang ibu sebagai orang tua pasti hancur bila melihat anak yang dilahirkan dan dibesarkannya malah membangkang ketika beranjak dewasa. Semua ibu pasti mengharapkan anak-anaknya dapat menyayangi dan menuruti mereka hingga akhir hayat.

Demikian pula dengan Allah yang telah menyelamatkan kaum Israel dari perbudakan, bahkan menebus mereka dengan belas kasih-Nya (7). Allah menganggap mereka sebagai umat-Nya, anak-anak yang tidak akan berlaku curang (8), umat yang taat dan setia kepada-Nya. Namun, umat Allah justru memberontak dan mendukakan Roh Kudus (10).

Mereka telah melupakan janji keselamatan dan penyertaan yang Allah berikan. Allah sedih dan menghendaki umat-Nya kembali kepada-Nya. Karena itu, Allah menegur dan memberikan ganjaran kepada mereka. Ia berubah menjadi musuh mereka dan berperang melawan mereka. Barulah ketika berada dalam kesesakan, mereka teringat kembali kepada pertolongan Allah pada zaman dahulu ketika Allah menyertai mereka dengan perantaraan Nabi Musa yang membawa mereka keluar dari kejaran tentara Mesir. Ketika itu Musa membelah Laut Teberau sehingga mereka dapat berjalan melewatinya dengan selamat.

Setelah itu, mereka mulai mempertanyakan kembali di mana Allah yang selama ini menolong mereka? Di manakah Allah yang memimpin mereka? Lalu, mereka mulai menyadari, berbagai hal yang terjadi merupakan akibat dari kesalahan mereka sendiri. Oleh karena itu, mereka kemudian kembali berbalik kepada Allah.

Nabi Yesaya juga mengakui dosa-dosa Israel. Ia berdoa kepada Tuhan, memohon pembebasan mereka dari hukuman dan memohon penebusan yang dijanjikan oleh Allah. Kemudian, Allah menyatakan bahwa Dia tidak pernah meninggalkan umat-Nya sekalipun umat-Nya meninggalkan-Nya. Allah menghendaki mereka menerima keselamatan dari-Nya dan tetap setia sampai akhir.

Marilah, sebagai umat Tuhan, kita belajar untuk tetap taat dan setia kepada-Nya. Allah ingin menyatakan Diri-Nya melalui umat-Nya yang setia dan hidup kudus. [SLM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/07/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+63:7-14
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+63:7-14

Yesaya 63:7-14

 7  Aku hendak menyebut-nyebut perbuatan kasih setia TUHAN, perbuatan TUHAN yang masyhur, sesuai dengan segala yang dilakukan TUHAN kepada kita, dan kebajikan yang besar kepada kaum Israel yang dilakukan-Nya kepada mereka sesuai dengan kasih sayang-Nya dan sesuai dengan kasih setia-Nya yang besar.
 8  Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang," maka Ia menjadi Juruselamat mereka
 9  dalam segala kesesakan mereka. Bukan seorang duta atau utusan, melainkan Ia sendirilah yang menyelamatkan mereka; Dialah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.
10  Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.
11  Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka;
12  yang dengan tangan-Nya yang agung menyertai Musa di sebelah kanan; yang membelah air di depan mereka untuk membuat nama abadi bagi-Nya;
13  yang menuntun mereka melintasi samudera raya seperti kuda melintasi padang gurun? Mereka tidak pernah tersandung,
14  seperti ternak yang turun ke dalam lembah. Roh TUHAN membawa mereka ke tempat perhentian. Demikianlah Engkau memimpin umat-Mu untuk membuat nama yang agung bagi-Mu.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar