(e-SH) 17 Juli -- Yesaya 63:1-6 - Balas Dendam?

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 17 Juli 2021
Ayat SH: Yesaya 63:1-6

Judul: Balas Dendam?

Umumnya, dalam sebuah cerita film ada tokoh utama, antagonis si jahat, dan protagonis si baik. Tokoh jahat kerap kali menyakiti tokoh baik. Hingga pada akhir cerita, si jahat mendapat ganjaran atas semua perbuatannya tanpa si tokoh baik bertindak. Gambaran ini melukiskan kehidupan umat percaya yang tengah mengalami penganiayaan, namun memilih untuk tidak membalasnya.

Nabi Yesaya menubuatkan murka Allah terhadap Edom ketika melihat umat kesayangan-Nya itu dianiaya (1). Edom diibaratkan mewakili kekuatan besar dunia yang menentang kuasa Allah. Kekuatan besar mereka tidak dapat dikalahkan oleh kerajaan Yehuda dengan kekuatan militer mereka pada saat itu. Oleh karena itu, Allah sendirilah yang berperang melawan bangsa-bangsa.

Allah memperkenalkan diri sebagai seorang pengirik yang memeras buah anggur (2). Allah mengirik bangsa-bangsa yang memusuhi Israel bukan dengan kekuatan biasa, melainkan dengan murka-Nya, sesuai dengan janji-Nya yang memberikan keadilan dan keselamatan.

Nabi Yesaya selalu mengingatkan umat bahwa Allah adalah Hakim Yang Adil. Allah bukannya berdiam diri melihat orang-orang yang Dia kasihi dianiaya dan mengalami kesusahan. Akan tetapi, Allah menghendaki supaya mereka percaya bahwa Allah merancangkan yang terbaik.

Allah akan bertindak karena hari pembalasan telah Allah rencanakan sebelumnya. Lalu bagaimana respons kita ketika mengalami ketidakadilan? Apakah kita menuntut pembalasan atau bahkan merencanakan untuk melakukan balas dendam?

Mari kita belajar bahwa hari penghakiman atau penghukuman pasti akan datang. Kita pun sebagai umat percaya hendaknya menyerahkan keadilan ke dalam tangan Tuhan. Namun demikian, hal penting yang harus kita lakukan adalah selalu berjaga-jaga dan wawas diri. Mari mengingat kebaikan Allah yang merancangkan keselamatan bagi umat-Nya. Allah memberi keselamatan dan pengampunan kepada umat yang setia kepada-Nya dan memegang teguh janji-Nya. [SLM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/07/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+63:1-6
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+63:1-6

Yesaya 63:1-6

 1  "Siapa dia yang datang dari Edom, yang datang dari Bozra dengan baju yang merah, dia yang bersemarak dengan pakaiannya, yang melangkah dengan kekuatannya yang besar?" "Akulah yang menjanjikan keadilan dan yang berkuasa untuk menyelamatkan!"
 2  "Mengapakah pakaian-Mu semerah itu, dan baju-Mu seperti baju pengirik buah anggur?"
 3  "Aku seorang dirilah yang melakukan pengirikan, dan dari antara umat-Ku tidak ada yang menemani Aku! Aku telah mengirik bangsa-bangsa dalam murka-Ku, dan Aku telah menginjak-injak mereka dalam kehangatan amarah-Ku; semburan darah mereka memercik kepada baju-Ku, dan seluruh pakaian-Ku telah cemar.
 4  Sebab hari pembalasan telah Kurencanakan dan tahun penuntutan bela telah datang.
 5  Aku melayangkan pandangan-Ku: tidak ada yang menolong; Aku tertegun: tidak ada yang membantu. Lalu tangan-Ku memberi Aku pertolongan, dan kehangatan amarah-Ku, itulah yang membantu Aku.
 6  Aku memijak-mijak bangsa-bangsa dalam murka-Ku, menghancurkan mereka dalam kehangatan amarah-Ku dan membuat semburan darah mereka mengalir ke tanah."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar