(e-RH) 6 Juli -- BILANGAN 14:11-30 - KECUALI KALEB DAN YOSUA

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 6 Juli 2021
Bacaan : BILANGAN 14:11-30
Setahun: Mazmur 67-71
Nats: "Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!" (Bilangan 14:30)

Renungan:

KECUALI KALEB DAN YOSUA

Dunia ini memang penuh ketidakadilan. Apa yang kita harapkan acap kali yang terjadi justru sebaliknya. Tidak sedikit orang berusaha hidup benar, tetapi tetap saja dianggap pihak yang bersalah dan menderita. Sebaliknya, mereka yang hidup jauh dari kebenaran, jalan hidup mereka justru tampaknya baik-baik saja dan menyenangkan. Mereka yang berlaku benar seperti kaum tertindas yang selalu dituntut mengalah. Bahkan, harus ikut menanggung derita akibat kesalahan yang dilakukan orang lain.

Jika demikian halnya, apakah yang hendak kita katakan tentang Kaleb dan Yosua? Ketika bangsanya memberontak dan menolak untuk memercayai janji Tuhan, Yosua dan Kaleb mati-matian mengingatkan mereka untuk tetap percaya. Sayangnya bangsa itu tetap tegar tengkuk! Seluruh angkatan dibinasakan Tuhan di padang gurun dan tidak akan masuk negeri Kanaan, kecuali Yosua dan Kaleb. Yosua dan Kaleb telah membuktikan diri mereka hidup benar dan setia kepada Tuhan, tetapi mereka berdua harus juga ikut berjalan empat puluh tahun lamanya di padang gurun. Yosua dan Kaleb bisa saja protes dengan ketidakadilan itu. Tetapi mereka memilih untuk tetap menjaga hati dan tidak lemah iman ketika harus turut memikul derita bangsanya.

Ketika menyaksikan ketidakadilan yang terjadi, seperti apakah reaksi kita? Apakah kita merasa bahwa mempertahankan hidup bersih di hadapan Tuhan itu adalah sebuah kesia-siaan? Atau sebaliknya, kita akan memilih bersikap seperti Yosua dan Kaleb yang tetap berkomitmen hidup benar dan percaya kepada firman Tuhan sekalipun kenyataan tidak seperti yang diharapkan? Kiranya Tuhan menemukan hati yang bersih dan setia dari hidup kita. --SYS/www.renunganharian.net
   
DI DUNIA, ORANG YANG BERLAKU BENAR DAN BERSIH TAMPAKNYA TENGGELAM, TETAPI TANGAN TUHAN SELALU MERAIH DAN MENYELAMATKANNYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/07/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/07/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?BILANGAN+14:11-30

BILANGAN 14:11-30

11  TUHAN berfirman kepada Musa: "Berapa lama lagi bangsa ini menista Aku, dan berapa lama lagi mereka tidak mau percaya kepada-Ku, sekalipun sudah ada segala tanda mujizat yang Kulakukan di tengah-tengah mereka!
12  Aku akan memukul mereka dengan penyakit sampar dan melenyapkan mereka, tetapi engkau akan Kubuat menjadi bangsa yang lebih besar dan lebih kuat dari pada mereka."
13  Lalu berkatalah Musa kepada TUHAN: "Jikalau hal itu kedengaran kepada orang Mesir, padahal Engkau telah menuntun bangsa ini dengan kekuatan-Mu dari tengah-tengah mereka,
14  mereka akan berceritera kepada penduduk negeri ini, yang telah mendengar bahwa Engkau, TUHAN, ada di tengah-tengah bangsa ini, dan bahwa Engkau, TUHAN, menampakkan diri-Mu kepada mereka dengan berhadapan muka, waktu awan-Mu berdiri di atas mereka dan waktu Engkau berjalan mendahului mereka di dalam tiang awan pada waktu siang dan di dalam tiang api pada waktu malam.
15  Jadi jikalau Engkau membunuh bangsa ini sampai habis, maka bangsa-bangsa yang mendengar kabar tentang Engkau itu nanti berkata:
16  Oleh karena TUHAN tidak berkuasa membawa bangsa ini masuk ke negeri yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada mereka, maka Ia menyembelih mereka di padang gurun.
17  Jadi sekarang, biarlah kiranya kekuatan TUHAN itu nyata kebesarannya, seperti yang Kaufirmankan:
18  TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat.
19  Ampunilah kiranya kesalahan bangsa ini sesuai dengan kebesaran kasih setia-Mu, seperti Engkau telah mengampuni bangsa ini mulai dari Mesir sampai ke mari."
20  Berfirmanlah TUHAN: "Aku mengampuninya sesuai dengan permintaanmu.
21  Hanya, demi Aku yang hidup dan kemuliaan TUHAN memenuhi seluruh bumi:
22  Semua orang yang telah melihat kemuliaan-Ku dan tanda-tanda mujizat yang Kuperbuat di Mesir dan di padang gurun, namun telah sepuluh kali mencobai Aku dan tidak mau mendengarkan suara-Ku,
23  pastilah tidak akan melihat negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka! Semua yang menista Aku ini tidak akan melihatnya.
24  Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.
25  Orang Amalek dan orang Kanaan diam di lembah. Sebab itu berpalinglah besok dan berangkatlah ke padang gurun, ke arah Laut Teberau."
26  Lagi berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun:
27  "Berapa lama lagi umat yang jahat ini akan bersungut-sungut kepada-Ku? Segala sesuatu yang disungut-sungutkan orang Israel kepada-Ku telah Kudengar.
28  Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN, bahwasanya seperti yang kamu katakan di hadapan-Ku, demikianlah akan Kulakukan kepadamu.
29  Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepada-Ku.
30  Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Mazmur+67-71
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+67-71

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar