(e-SH) 30 Juni -- Yesaya 51:1-8 - Pemulihan yang Sejati

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 30 Juni 2021
Ayat SH: Yesaya 51:1-8

Judul: Pemulihan yang Sejati

Antara aspek fisik dan rohani, manakah yang lebih penting? Persoalan inilah yang tampak dalam kata-kata penghiburan Allah kepada Sion.

Tuhan akan membangun kembali kota itu dan memulihkan sukacita mereka seperti sedia kala (3). Akan tetapi, pemulihan yang Tuhan kehendaki tidak hanya yang bersifat fisik, melainkan pemulihan rohani juga. Oleh karena itu, di bagian ini terdapat padanan kata perintah untuk mendengarkan sebanyak enam kali-ini cukup banyak-dan yang mereka dengar adalah pengajaran dan hukum Tuhan (4). Dengan demikian, mereka tidak perlu takut dengan omongan pihak lain yang menceritakan aib mereka, sebab Tuhan akan memberikan keselamatan dan kebebasan untuk selama-lamanya (6-8).

Bagian ini menggambarkan bahwa Tuhan akan memulihkan Sion seperti taman Eden (3). Ini adalah sebuah gambaran pemulihan yang sejati, yakni keadaan yang amat baik dan hidup berelasi bersama-sama dengan Tuhan. Keadaan pemulihan rohani inilah yang terpenting, sebab pemulihan fisik tidak akan bertahan selamanya, tidak mendatangkan sukacita yang sesungguhnya, dan tidak memberi keselamatan kekal kepada mereka.

Sebaliknya, pemulihan rohani menghasilkan pemahaman yang baru, dan sikap yang taat akan pengajaran dan hukum Tuhan. Ayub, misalnya, tidak hanya menerima kembali hal-hal jasmani dari Tuhan, tetapi juga pemulihan tentang pemahaman mengenai Tuhan Yang Mahakuasa (lih. Ayb. 39:34-38). Pada zaman Yesaya pemulihan ini belum tergenapi sepenuhnya. Pemulihan rohani yang sempurna ada dalam Yesus Kristus yang memulihkan perdamaian antara Allah dan manusia, sehingga membawa umat Tuhan kepada keselamatan yang kekal.

Dengan rendah hati, kita meminta Tuhan untuk terus memulihkan kerohanian kita, sehingga kita mengalami pemulihan relasi dengan Tuhan sebagai berkat terbesar di sepanjang hidup kita. Dengan demikian, kita makin mengenal Tuhan, terus mendengarkan pengajaran-Nya, dan mengikuti hukum-Nya dengan sukacita. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/06/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+51:1-8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+51:1-8

Yesaya 51:1-8

 1  Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengejar apa yang benar, hai kamu yang mencari TUHAN! Pandanglah gunung batu yang dari padanya kamu terpahat, dan kepada lobang penggalian batu yang dari padanya kamu tergali.
 2  Pandanglah Abraham, bapa leluhurmu, dan Sara yang melahirkan kamu; ketika Abraham seorang diri, Aku memanggil dia, lalu Aku memberkati dan memperbanyak dia.
 3  Sebab TUHAN menghibur Sion, menghibur segala reruntuhannya; Ia membuat padang gurunnya seperti taman Eden dan padang belantaranya seperti taman TUHAN. Di situ terdapat kegirangan dan sukacita, nyanyian syukur dan lagu yang nyaring.
 4  Perhatikanlah suara-Ku, hai bangsa-bangsa, dan pasanglah telinga kepada-Ku, hai suku-suku bangsa! Sebab pengajaran akan keluar dari pada-Ku dan hukum-Ku sebagai terang untuk bangsa-bangsa.
 5  Dalam sekejap mata keselamatan yang dari pada-Ku akan dekat, kelepasan yang Kuberikan akan tiba, dan dengan tangan kekuasaan-Ku Aku akan memerintah bangsa-bangsa; kepada-Kulah pulau-pulau menanti-nanti, perbuatan tangan-Ku mereka harapkan.
 6  Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah ke bumi di bawah; sebab langit lenyap seperti asap, bumi memburuk seperti pakaian yang sudah usang dan penduduknya akan mati seperti nyamuk; tetapi kelepasan yang Kuberikan akan tetap untuk selama-lamanya, dan keselamatan yang dari pada-Ku tidak akan berakhir.
 7  Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengetahui apa yang benar, hai bangsa yang menyimpan pengajaran-Ku dalam hatimu! Janganlah takut jika diaibkan oleh manusia dan janganlah terkejut jika dinista oleh mereka.
 8  Sebab ngengat akan memakan mereka seperti memakan pakaian dan gegat akan memakan mereka seperti memakan kain bulu domba; tetapi keselamatan yang dari pada-Ku akan tetap untuk selama-lamanya dan kelepasan yang Kuberikan akan lanjut dari keturunan kepada keturunan.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar