(e-SH) 26 Juni -- Yesaya 49:1-7 - Allah Memperlengkapi Hamba-Nya

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 26 Juni 2021
Ayat SH: Yesaya 49:1-7

Judul: Allah Memperlengkapi Hamba-Nya

Dipanggil menjadi hamba? Bagaimana hal itu bisa dilakukan? Yesaya menyerukan panggilan Allah atasnya kepada seluruh bangsa, dan juga mendeklarasikan bahwa Allahlah yang telah memanggilnya sejak dalam kandungan.

Dalam perjalanan menjadi hamba-Nya, Allah sendiri memperlengkapi Yesaya dengan kemampuan pelayanan dan juga menyertai Yesaya (2). Tuhan akan memakai hamba-Nya sebagai alat untuk mengagungkan nama-Nya. Dalam panggilan ini pun, Yesaya mengalami kesulitan karena ia menilai pelayanannya sebagai usaha yang sia-sia dengan hasil yang tidak efektif (4a). Tetapi kemudian, nada yang pesimis berubah menjadi nada yang penuh pengharapan. Sebab Tuhan setia, dan Tuhan sendiri mengangkat serta menguatkannya, menjadikan misinya berhasil pada waktu-Nya (4b-7).

Kata hamba pada mulanya berarti orang-orang yang ditawan dalam peperangan dan dijual sebagai budak. Biasanya hamba dibeli semata-mata karena kegunaannya. Tidak demikian dengan Allah. Ia memilih hamba-Nya sejak dalam kandungan, artinya Allah tidak melihat latar belakang dan kemampuan yang dimiliki oleh hamba-Nya. Semua karena Allah ingin memakainya. Karena Allah yang memilih, Allah akan memberikan kemampuan dan menyertainya senantiasa.

Menjadi hamba Tuhan bukan berarti selalu berhasil. Kadang kala ada hasil yang kelihatannya tidak efektif. Tetapi, Tuhan tidak mengukur hamba-Nya dari hal itu karena pada akhirnya Tuhan sendiri yang akan meninggikan hamba-Nya dan menggenapkan kehendak-Nya. Paulus mengakui bahwa "aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan" (lih. 1Kor. 3:6).

Oleh karena itu, kita tidak perlu takut dengan panggilan menjadi hamba-Nya. Tuhan yang setia akan menyertai kita senantiasa. Kita hanya perlu percaya, taat, dan setia menjadi alat-Nya dalam melayani dan mengagungkan nama-Nya. Kita tidak perlu mengkhawatirkan tentang hasil yang tampak mengecewakan. Setialah menjadi alat-Nya sebab Ia akan menguatkan kita dan menumbuhkan hasilnya. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/06/26/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+49:1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+49:1-7

Yesaya 49:1-7

 1  Dengarkanlah aku, hai pulau-pulau, perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang jauh! TUHAN telah memanggil aku sejak dari kandungan telah menyebut namaku sejak dari perut ibuku.
 2  Ia telah membuat mulutku sebagai pedang yang tajam dan membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya. Ia telah membuat aku menjadi anak panah yang runcing dan menyembunyikan aku dalam tabung panah-Nya.
 3  Ia berfirman kepadaku: "Engkau adalah hamba-Ku, Israel, dan olehmu Aku akan menyatakan keagungan-Ku."
 4  Tetapi aku berkata: "Aku telah bersusah-susah dengan percuma, dan telah menghabiskan kekuatanku dengan sia-sia dan tak berguna; namun, hakku terjamin pada TUHAN dan upahku pada Allahku."
 5  Maka sekarang firman TUHAN, yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya--maka aku dipermuliakan di mata TUHAN, dan Allahku menjadi kekuatanku--,firman-Nya:
 6  "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."
 7  Beginilah firman TUHAN, Penebus Israel, Allahnya yang Mahakudus, kepada dia yang dihinakan orang, kepada dia yang dijijikkan bangsa-bangsa, kepada hamba penguasa-penguasa: "Raja-raja akan melihat perbuatan-Ku, lalu bangkit memberi hormat, dan pembesar-pembesar akan sujud menyembah, oleh karena TUHAN yang setia oleh karena Yang Mahakudus, Allah Israel, yang memilih engkau."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar