(e-SH) 25 Juni -- Yesaya 48:12-22 - Motivasi yang Benar

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 25 Juni 2021
Ayat SH: Yesaya 48:12-22

Judul: Motivasi yang Benar

Tuhan Allah telah menebus bangsa Israel. Di sini Allah memberikan lima perintah kepada bangsa-Nya yang masing-masing disertai alasan.

Pertama, hendaklah mereka mendengarkan Tuhan karena Ia adalah Allah yang tetap sama. Ia terdahulu dan terkemudian (12-13). Kedua, hendaklah mereka berhimpun karena Allah akan melaksanakan kehendak-Nya terhadap bangsa yang menindas Israel, yakni Babel dan Kasdim (14-15). Ketiga, hendaklah mereka mendekat karena Allah tidak pernah berfirman secara tersembunyi (16). Keempat, hendaklah mereka memerhatikan perintah-perintah Allah karena Allah akan melimpahkan damai sejahtera (17-18). Kelima, hendaklah mereka memberitakan dengan sorak-sorai karena Allah telah menuntun mereka secara sempurna (20-21).

Bagian ini termasuk nubuat Yesaya mengenai rencana Tuhan untuk membebaskan bangsa Israel dari bangsa Babel, melalui Koresh, raja Persia (lih. Yes. 45). Tuhan sendirilah yang menulis skenario agar Israel dibuang ke Babel akibat kesalahan mereka yang tidak setia kepada Tuhan. Tetapi, Tuhan sendiri juga yang merencanakan kepulangan mereka ke tanah mereka. Hal ini supaya Israel tahu bahwa hanya satu Tuhan yang benar dan setia, yakni Tuhan Allah Israel.

Kata yang sering diulang "Aku", "Akulah", dan "Ia" adalah kata-kata yang mengajarkan bahwa bukan karena kelebihan manusia, maka manusia itu dipanggil dan dipakai Tuhan. Tuhan bisa memakai Raja Koresh yang bukan dari bangsa Israel untuk menjadi alat-Nya. Hal ini dimaksudkan agar umat Israel tahu bahwa Tuhan adalah subjek segala sesuatu. Hal inilah yang mendasari kelima perintah tersebut. Umat Israel melakukan perintah-perintah tersebut bukan karena legalitas semata, tetapi karena kesadaran akan Tuhan dan karya-karya-Nya yang ajaib.

Oleh karena itu, seharusnya kita bersyukur dan merendahkan hati kita, serta melakukan kelima perintah Tuhan dalam bacaan hari ini dengan sukacita. Mari kita bangun ketaatan yang dilandaskan pada alasan dan motivasi yang benar, yakni Tuhan sendiri, hingga kita pun hidup dalam damai sejahtera Tuhan. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/06/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+48:12-22
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+48:12-22

Yesaya 48:12-22

12  "Dengarkanlah Aku, hai Yakub, dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian!
13  Tangan-Ku juga meletakkan dasar bumi, dan tangan kanan-Ku membentangkan langit. Ketika Aku menyebut namanya, semuanya bermunculan.
14  Berhimpunlah kamu sekalian dan dengarlah! Siapakah di antara mereka memberitahukan semuanya ini? Dia yang dikasihi TUHAN akan melaksanakan kehendak TUHAN terhadap Babel dan menunjukkan kekuatan tangan TUHAN kepada orang Kasdim.
15  Aku, Akulah yang mengatakannya dan yang memanggil dia juga, Akulah yang mendatangkan dia, dan segala usahanya akan berhasil.
16  Mendekatlah kepada-Ku, dengarlah ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi dan pada waktu hal itu terjadi Aku ada di situ." Dan sekarang, Tuhan ALLAH mengutus aku dengan Roh-Nya.
17  Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh.
18  Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,
19  maka keturunanmu akan seperti pasir dan anak cucumu seperti kersik banyaknya; nama mereka tidak akan dilenyapkan atau ditiadakan dari hadapan-Ku."
20  Keluarlah dari Babel, larilah dari Kasdim! Beritahukanlah dengan suara sorak-sorai dan kabarkanlah hal ini! Siarkanlah itu sampai ke ujung bumi! Katakanlah: "TUHAN telah menebus Yakub, hamba-Nya!"
21  Mereka tidak menderita haus, ketika Ia memimpin mereka melalui tempat-tempat yang tandus; Ia mengeluarkan air dari gunung batu bagi mereka; Ia membelah gunung batu, maka memancarlah air.
22  "Tidak ada damai sejahtera bagi orang-orang fasik!" firman TUHAN.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar