(e-SH) 24 Juni -- Yesaya 48:1-11 - Ritualitas Kosong

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 24 Juni 2021
Ayat SH: Yesaya 48:1-11

Judul: Ritualitas Kosong

Umat Israel adalah bangsa yang religius. Setidaknya, begitulah mereka menyebut diri sendiri sebagai keturunan Yakub yang bersumpah demi nama Tuhan.

Tetapi, hal itu hanya bersifat formalitas, karena mereka tidak mengakui Tuhan dengan sungguh-sungguh dan tulus hati (1). Bahkan Tuhan menegur mereka dengan keras dengan menyebut mereka sebagai umat yang tegar tengkuk, keras kepala, dan berkepala batu (4). Tuhan menunjukkan, mereka adalah bangsa yang mudah melupakan pekerjaan Tuhan dan mudah berpaling kepada berhala (5). Tuhan menyebut mereka sebagai pengkhianat keji dan "pemberontak sejak dari kandungan" (8).

Pada hakikatnya, Tuhan ingin umat-Nya mengingat segala firman-Nya dan percaya sungguh-sungguh dalam karya Tuhan yang ajaib. Hal ini sudah ditekankan oleh Tuhan sejak zaman Musa bahwa orang Israel harus mengajarkan secara berulang-ulang kepada anak-anak mereka tentang pembebasan Tuhan (bdk. Ul. 6:7). Hal ini supaya bangsa Israel tidak berpaling dari Tuhan dan kembali menyembah dewa Mesir.

Karena Tuhan begitu panjang sabar dan berbelas kasihan, maka diulangi kembali pengingat tentang penghukuman di masa lalu itu dan peringatan supaya kemuliaan nama Tuhan tidak lagi dinajiskan dengan berhala. Sifat agamawi memang bukanlah hal yang berkenan bagi Allah. Dalam Kitab Injil pun Tuhan Yesus selalu mengkritik para pemuka agama yang legalistik yang di dalam hatinya tidak ada pengakuan yang sungguh-sungguh kepada Tuhan.

Banyak anak Tuhan saat ini bersikap legalistik, begitu rajin beribadah tetapi tidak dengan sungguh-sungguh. Kita perlu terus mengingat akan karya dan kebaikan Tuhan di sepanjang hidup kita, terutama penebusan Kristus di atas kayu salib. Kita perlu berfokus pada firman Allah dan melakukan-Nya agar ibadah kita tidak terjebak ke dalam ritualitas kosong yang tidak berarti. Dengan demikian, ibadah kita menjadi penyembahan yang menggugah hati dan tulus dalam memuliakan nama-Nya. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/06/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+48:1-11
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+48:1-11

Yesaya 48:1-11

 1  Dengarlah firman ini, hai kaum keturunan Yakub, yang menyebutkan dirinya dengan nama Israel dan yang adalah keturunan Yehuda, yang bersumpah demi nama TUHAN dan mengakui Allah Israel--tetapi bukan dengan sungguh-sungguh dan dengan tulus hati--
 2  bahkan mereka menyebutkan dirinya menurut kota kudus dan mereka bertopang kepada Allah Israel, TUHAN semesta alam nama-Nya;
 3  firman TUHAN: "Hal-hal yang terjadi di masa yang lampau telah Kuberitahukan dari sejak dahulu, Aku telah mengucapkannya dan telah mengabarkannya. Kemudian dengan sekonyong-konyong Aku melaksanakannya juga dan semuanya itu sudah menjadi kenyataan.
 4  Oleh karena Aku tahu, bahwa engkau tegar tengkuk, keras kepala dan berkepala batu,
 5  maka Aku memberitahukannya kepadamu dari sejak dahulu; sebelum hal itu menjadi kenyataan, Aku mengabarkannya kepadamu, supaya jangan engkau berkata: Berhalaku yang melakukannya, patung pahatanku dan patung tuanganku yang memerintahkannya.
 6  Engkau telah mendengar semuanya itu dan sekarang engkau harus melihatnya; tidakkah kamu sendiri mau mengakuinya? Aku mengabarkan kepadamu hal-hal yang baru dari sejak sekarang, dan hal-hal yang tersimpan yang belum kauketahui.
 7  Baru sekarang hal-hal itu diciptakan dan bukan dari sejak dahulu, dan sebelumnya engkau tidak mendengarnya, supaya jangan engkau berkata: Memang aku telah mengetahuinya!
 8  Engkau tidak mendengarnya ataupun mengetahuinya, juga telingamu tidak terbuka dari sejak dahulu; tetapi Aku telah mengetahui, bahwa engkau berbuat khianat sekeji-kejinya, dan bahwa orang menyebutkan engkau: pemberontak sejak dari kandungan.
 9  Oleh karena nama-Ku Aku menahan amarah-Ku dan oleh karena kemasyhuran-Ku Aku mengasihani engkau, sehingga Aku tidak melenyapkan engkau.
10  Sesungguhnya, Aku telah memurnikan engkau, namun bukan seperti perak, tetapi Aku telah menguji engkau dalam dapur kesengsaraan.
11  Aku akan melakukannya oleh karena Aku, ya oleh karena Aku sendiri, sebab masakan nama-Ku akan dinajiskan? Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain!"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar