(e-SH) 18 Juni -- Yesaya 44:21-28 - Allah Mahakuasa dan Maha Pengasih

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 18 Juni 2021
Ayat SH: Yesaya 44:21-28

Judul: Allah Mahakuasa dan Maha Pengasih

Ingatlah semuanya ini, hai Yakub, sebab engkaulah hamba-Ku, hai Israel ... engkau tidak Kulupakan" (21).

Demikianlah Allah berbicara kepada bangsa Israel melalui Nabi Yesaya bukan sekadar mengingatkan bahwa Ia mampu melakukan segalanya saat itu, tetapi juga mengingatkan sejarah di masa lampau. Sejak dahulu Allah telah melakukan segala yang dikehendaki-Nya di bumi ini. Allah berkata: "Engkau tidak kulupakan" (21), sebab sejak zaman Abraham, Ishak, dan Yakub, Allah sudah mengikat perjanjian-Nya. Bahwasanya, dengan kasih setia-Nya terhadap janji kepada umat-Nya, Allah telah menghapus segala pemberontakan mereka.

Kemudian, Allah menyatakan diri-Nya, bahwa Ia adalah Tuhan yang telah menjadikan segala sesuatu, meniadakan tanda-tanda peramal pembohong, membuat orang bijaksana mundur ke belakang, dan mengeringkan dasar lautan (24-25, 27). Allah yang menyatakan kemahakuasaan-Nya atas seluruh dunia mengingatkan kita kepada isi pertama dari sepuluh Hukum Taurat. Betapa luar biasanya kuasa Allah yang disembah bangsa Israel, dan juga kita, yang sanggup menundukkan segala sesuatu di bumi ini.

Bahkan dalam rencana-Nya untuk kebaikan hidup orang percaya di bumi, Allah menguatkan perkataan hamba-Nya dan melaksanakan keputusan yang diberitakan utusan-Nya (26) agar segala kehendak-Nya digenapi. Jelas bahwa Allah bekerja dalam sejarah dunia ini. Di masa lalu tampak peran Allah; dalam perjalanan kehidupan saat ini pun kuasa dan kasih Allah sangat jelas bagi seluruh umat-nya, begitu juga untuk masa yang akan datang.

Inilah pengajaran bagi kita agar kita senantiasa mengingat bahwa Allah kita adalah Allah Yang Mahakuasa dan Maha Pengasih. Dengan demikian, kita pun bersorak-sorai dan bergembira dalam iman kita kepada Allah Penebus. Marilah kita bertekad untuk setia dalam iman kita kepada Allah kita. Sebab iman kita kepada-Nya tidak akan mengecewakan, bahkan Ia telah terlebih dahulu menunjukkan kasih setia-Nya dalam hidup kita. [KFT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/06/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+44:21-28
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+44:21-28

Yesaya 44:21-28

21  Ingatlah semuanya ini, hai Yakub, sebab engkaulah hamba-Ku, hai Israel. Aku telah membentuk engkau, engkau adalah hamba-Ku; hai Israel, engkau tidak Kulupakan.
22  Aku telah menghapus segala dosa pemberontakanmu seperti kabut diterbangkan angin dan segala dosamu seperti awan yang tertiup. Kembalilah kepada-Ku, sebab Aku telah menebus engkau!
23  Bersorak-sorailah, hai langit, sebab TUHAN telah bertindak, bertempiksoraklah, hai rahim bumi! Bergembiralah dengan sorak-sorai, hai gunung-gunung, hai hutan serta segala pohon di dalamnya! Sebab TUHAN telah menebus Yakub, dan Ia telah memperlihatkan keagungan-Nya dalam hal Israel.
24  Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi--siapakah yang mendampingi Aku? --
25  Akulah yang meniadakan tanda-tanda peramal pembohong dan mempermain-mainkan tukang-tukang tenung; yang membuat orang-orang bijaksana mundur ke belakang, dan membalikkan pengetahuan mereka menjadi kebodohan;
26  Akulah yang menguatkan perkataan hamba-hamba-Ku dan melaksanakan keputusan-keputusan yang diberitakan utusan-utusan-Ku; yang berkata tentang Yerusalem: Baiklah ia didiami! dan tentang kota-kota Yehuda: Baiklah ia dibangun, Aku mau mendirikan kembali reruntuhannya!
27  Akulah yang berkata kepada tubir lautan: Jadilah kering, Aku mau mengeringkan sungai-sungaimu!
28  Akulah yang berkata tentang Koresh: Dia gembala-Ku; segala kehendak-Ku akan digenapinya dengan mengatakan tentang Yerusalem: Baiklah ia dibangun! dan tentang Bait Suci: Baiklah diletakkan dasarnya!"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar