(e-SH) 13 Juni -- Yesaya 43:1-7 - Janganlah Takut

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 13 Juni 2021
Ayat SH: Yesaya 43:1-7

Judul: Janganlah Takut

Dalam hidup ini, ada banyak pengalaman yang dapat meredupkan pengharapan kita. Dalam ketidakpastian sampai kapan kesusahan ini berlangsung, kita menjadi takut, cemas, dan khawatir. Padahal, semua perasaan itu hanya memperkeruh keadaan. Serba salah!

Ketakutan juga dialami oleh Israel pada waktu pembuangan di Babel. Ada kegamangan untuk dapat melewati proses demi proses penderitaan sebagai orang-orang buangan. Mereka terus berharap, kapan semuanya akan berakhir.

Di saat itulah firman Allah datang kepada mereka dan berkata: "Janganlah takut" (1). Sebab Tuhan adalah Allah yang menebus mereka. Janji-janji Allah diberikan kepada umat-Nya dalam penderitaan mereka. Allah menyatakan bahwa Dia hadir dan menopang mereka (2). Dan Allah pun berjanji akan melepaskan mereka dari kekuasaan Babel (3). Tuhan sanggup melakukannya karena Dia berkuasa dan berdaulat atas kehidupan umat-Nya.

Sekali lagi Tuhan berfirman: "Janganlah takut" (5). Allah menyatakan janji-Nya kepada umat Israel agar mereka mengarahkan pengharapan mereka kepada-Nya yang telah menyertai dan menyatakan keajaiban demi keajaiban kepada nenek moyang mereka.

Allah berjanji akan memulihkan umat-Nya. Setiap keturunan Israel yang tercerai-berai ke berbagai tempat akan kembali ke Yehuda (5-6). Penyertaan-Nya nyata secara turun-temurun (7). Semuanya sudah dinyatakan-Nya dan janji-Nya terbukti. Umat Allah berhasil melampauinya karena Allah mereka ialah Tuhan Penebus yang beserta dengan umat-Nya.

Masihkah kita bergelayut dengan perasaan takut? Sekalipun perjalanan hidup ini berat, Allah berkata kepada kita: "Janganlah takut". Kita harus melewatinya dan berproses di dalamnya dengan pengharapan yang utuh. Percayalah kepada kemahakuasaan-Nya, hingga akhirnya kita dapat melewatinya dan merasakan janji-Nya tergenapi dalam kehidupan kita.

Mintalah kepada Tuhan agar kita mengerti bahwa janji-Nya selalu meneguhkan langkah kita dalam menapaki terjalnya jalan kehidupan ini. [YWN]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/06/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+43:1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+43:1-7

Yesaya 43:1-7

 1  Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.
 2  Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.
 3  Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.
 4  Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.
 5  Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau, Aku akan mendatangkan anak cucumu dari timur, dan Aku akan menghimpun engkau dari barat.
 6  Aku akan berkata kepada utara: Berikanlah! dan kepada selatan: Janganlah tahan-tahan! Bawalah anak-anak-Ku laki-laki dari jauh, dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi,
 7  semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar