(e-SH) 3 April -- Yohanes 19:38-42 - Waktunya Membuka Topeng

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 3 April 2021
Ayat SH: Yohanes 19:38-42

Judul: Waktunya Membuka Topeng

Hari Sabat makin dekat. Jenazah Yesus masih tergantung di kayu salib. Siapa yang berani menurunkan-Nya? Sanak famili tidak berdaya, semua murid lari bersembunyi. Tiba-tiba dua murid Yesus, yang bukan termasuk kedua belas murid, mengambil alih.

Yusuf dari Arimatea menurunkan jenazah Yesus untuk dimakamkan (38). Ia telah mendapat izin dari Pilatus. Mengetahui hal itu, Nikodemus segera menyediakan 50 kati rempah wangi untuk mengharumkan jenazah Yesus (39). Mereka kemudian memakamkan Yesus secara layak (40-41). Pada waktu itu, identitas dapat mengundang bahaya. Karena itu, demi alasan keselamatan, beberapa orang harus menyembunyikan identitasnya dan memakai topeng.

Selama ini, Yusuf dari Arimatea dan Nikodemus menyembunyikan simpati mereka kepada Yesus. Mereka percaya kepada-Nya dan setuju dengan ajaran-ajaran-Nya. Namun, mereka tidak ingin kenyamanan hidup atau keluarga mereka terancam. Mendukung Yesus berarti mendukung penista agama. Ketika Yesus disalibkan, mereka akhirnya menanggalkan topeng mereka. Di hadapan umum, Yusuf dan Nikodemus menunjukkan simpati dan penghormatan kepada jenazah Yesus. Mereka memakamkan Dia sebagai raja (bdk. 2Taw. 16:14).

Hal ini tentu saja memicu permusuhan dari sesama masyarakat Yahudi. Bagaimana mungkin mereka yang termasuk sebagai pemimpin agama Yahudi dapat menghormati jenazah penista agama mereka? Alkitab tidak mengisahkan kelanjutan hidup Yusuf dan Nikodemus. Pastinya, hidup mereka tidak akan sama lagi.

Bagaimana dengan kita? Mungkin selama ini kita masih menyembunyikan identitas kekristenan dari masyarakat sekitar. Mungkin kita takut dengan situasi setempat. Yesus berkata, "Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga" (lih. Mat. 10:32). Berdoalah agar waktunya tiba ketika kita membuka topeng dan mendeklarasikan diri sebagai murid Kristus. [PHM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/04/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yohanes+19:38-42
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+19:38-42

Yohanes 19:38-42

38  Sesudah itu Yusuf dari Arimatea--ia murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi--meminta kepada Pilatus, supaya ia diperbolehkan menurunkan mayat Yesus. Dan Pilatus meluluskan permintaannya itu. Lalu datanglah ia dan menurunkan mayat itu.
39  Juga Nikodemus datang ke situ. Dialah yang mula-mula datang waktu malam kepada Yesus. Ia membawa campuran minyak mur dengan minyak gaharu, kira-kira lima puluh kati beratnya.
40  Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat.
41  Dekat tempat di mana Yesus disalibkan ada suatu taman dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang di dalamnya belum pernah dimakamkan seseorang.
42  Karena hari itu hari persiapan orang Yahudi, sedang kubur itu tidak jauh letaknya, maka mereka meletakkan mayat Yesus ke situ.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar