(e-RH) 24 April -- LUKAS 3:1-14 - ETIKA BISNIS KRISTEN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 24 April 2021
Bacaan : LUKAS 3:1-14
Setahun: 1 Raja-raja 8
Nats: "Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan." (Matius 3:8)

Renungan:

ETIKA BISNIS KRISTEN

Etika bisnis sempat menjadi masalah bagi para pelaku bisnis di Amerika Serikat pada awal tahun 2000-an. Beberapa perusahaan terungkap berlaku curang dalam laporan keuangan hingga terjadinya penggelapan uang yang dilakukan oleh para pimpinan perusahaan. Apakah hal ini juga terjadi di Indonesia, sampai hari ini? Jika mendengar cerita dari teman mengenai laporan keuangan kantornya yang dibuat untuk menghindari pajak yang tinggi, rasanya jawaban untuk pertanyaan tadi sudah jelas: terjadi juga.

Etika dalam dunia kerja masih didambakan sampai hari ini. Bagi para pemilik usaha, pekerja, pebisnis, dan pemimpin Kristen tentu saja tuntutan agar menjalankan etika bisnis akan lebih tinggi. Terlebih dalam firman Tuhan ada banyak prinsip yang dapat diterapkan berkaitan dengan etika bisnis, juga masih relevan pada masa kini. Misalnya: berbagi dengan orang lain jika Anda memiliki sesuatu dengan lebih; tidak menagih lebih banyak daripada yang seharusnya; mencukupkan diri dengan gaji yang ada; juga tidak merampas atau memeras (ay. 11-14). Kita juga ingat akan nasihat untuk bekerja segenap hati seperti untuk Tuhan, dengan meyakini bahwa upah kita berasal dari-Nya (Kol. 3:23-24).

Nah, masihkah hal-hal yang berkaitan dengan etika bisnis dan kebenaran, masih kita pegang teguh dan praktikkan dengan serius, dengan kesiapan menanggung segala konsekuensinya? Allah mengharapkan para pekerja Kristen menjadi pembeda di tengah dunia kerja yang kerap mengabaikan kebenaran dan etika. Andakah orang yang dicari? --GHJ/www.renunganharian.net
   
SEJATINYA TAK ADA PEMBEDAAN DALAM PENERAPAN ETIKA, KARENA ETIKA BERLAKU DI SEMUA BIDANG KEHIDUPAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/04/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/04/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?LUKAS+3:1-14

LUKAS 3:1-14

 1  Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene,
 2  pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun.
 3  Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu,
 4  seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.
 5  Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan,
 6  dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan."
 7  Lalu ia berkata kepada orang banyak yang datang kepadanya untuk dibaptis, katanya: "Hai kamu keturunan ular beludak! Siapakah yang mengatakan kepada kamu melarikan diri dari murka yang akan datang?
 8  Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
 9  Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api."
10  Orang banyak bertanya kepadanya: "Jika demikian, apakah yang harus kami perbuat?"
11  Jawabnya: "Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat juga demikian."
12  Ada datang juga pemungut-pemungut cukai untuk dibaptis dan mereka bertanya kepadanya: "Guru, apakah yang harus kami perbuat?"
13  Jawabnya: "Jangan menagih lebih banyak dari pada yang telah ditentukan bagimu."
14  Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya: "Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?" Jawab Yohanes kepada mereka: "Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?1+Raja-raja+8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Raja-raja+8

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar