(e-RH) 1 Mei -- RUT 2:4-9 - ATASAN BAWAHAN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 1 Mei 2021
Bacaan : RUT 2:4-9
Setahun: 2 Raja-raja 1-3
Nats: Lalu datanglah Boas dari Betlehem. Ia berkata kepada penyabit-penyabit itu: "TUHAN kiranya menyertai kamu." Jawab mereka kepadanya: "TUHAN kiranya memberkati tuan!" (Rut 2:4)

Renungan:

ATASAN BAWAHAN

Berbagai survei menunjukkan bahwa banyak pekerja merasa tidak bahagia karena berbagai persoalan terkait dengan atasan mereka. Sebuah buku berjudul My Stupid Boss yang pertama kalinya terbit tahun 2009 menjadi buku laris dan bahkan telah terbit hingga menjadi beberapa seri, lalu diterbitkan dalam bentuk komik hingga dijadikan film. Ini menunjukkan bahwa banyak sekali keluhan dan ketidaksukaan yang dimiliki oleh para pekerja terhadap atasan atau bos mereka. Jika kita termasuk atasan di tempat kerja, ini adalah kabar buruk.

Kita dapat berkaca dari Boas. Ia adalah orang yang kaya raya, memiliki ladang gandum yang luas dan mempekerjakan banyak orang. Namun ia memperlakukan mereka dengan baik. Dari sapaannya (ay. 4), kita dapat simpulkan bahwa ia adalah seorang yang percaya kepada Allah. Dan imannya itu ia tunjukkan melalui sikapnya kepada para pekerjanya. Walau berstatus atasan, tapi ia menyapa mereka lebih dulu dengan ramah. Ia juga mengenali para pekerjanya, sehingga ia bahkan segera menyadari kehadiran orang asing di antara mereka. Ia memperhatikan kesejahteraan para pekerjanya, termasuk menunjukkan kemurahan hatinya kepada Rut, yang adalah seorang asing.

Sebagai pekerja, kita pasti memiliki atasan atau bawahan secara struktur organisasi, namun sesungguhnya mereka semua adalah rekan kerja kita. Bersama merekalah kita menghabiskan banyak waktu. Karenanya, merekalah seharusnya yang juga merasakan kasih kita, sebagai buah pengenalan kita akan Allah --HT/www.renunganharian.net

IMAN YANG BENAR TERCERMIN DALAM BAGAIMANA KITA BERELASI DENGAN ORANG LAIN, TERMASUK TERHADAP BAWAHAN DAN ATASAN KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/05/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/05/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?RUT+2:4-9

RUT 2:4-9

 4  Lalu datanglah Boas dari Betlehem. Ia berkata kepada penyabit-penyabit itu: "TUHAN kiranya menyertai kamu." Jawab mereka kepadanya: "TUHAN kiranya memberkati tuan!"
 5  Lalu kata Boas kepada bujangnya yang mengawasi penyabit-penyabit itu: "Dari manakah perempuan ini?"
 6  Bujang yang mengawasi penyabit-penyabit itu menjawab: "Dia adalah seorang perempuan Moab, dia pulang bersama-sama dengan Naomi dari daerah Moab.
 7  Tadi ia berkata: Izinkanlah kiranya aku memungut dan mengumpulkan jelai dari antara berkas-berkas jelai ini di belakang penyabit-penyabit. Begitulah ia datang dan terus sibuk dari pagi sampai sekarang dan seketikapun ia tidak berhenti."
 8  Sesudah itu berkatalah Boas kepada Rut: "Dengarlah dahulu, anakku! Tidak usah engkau pergi memungut jelai ke ladang lain dan tidak usah juga engkau pergi dari sini, tetapi tetaplah dekat pengerja-pengerja perempuan.
 9  Lihat saja ke ladang yang sedang disabit orang itu. Ikutilah perempuan-perempuan itu dari belakang. Sebab aku telah memesankan kepada pengerja-pengerja lelaki jangan mengganggu engkau. Jika engkau haus, pergilah ke tempayan-tempayan dan minumlah air yang dicedok oleh pengerja-pengerja itu."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?2+Raja-raja+1-3
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Raja-raja+1-3

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar