(e-SH) 24 Maret -- Yohanes 15:18-27 - Kebencian

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 24 Maret 2021
Ayat SH: Yohanes 15:18-27

Judul: Kebencian

Hidup dalam kebencian tidaklah menyenangkan. Tidak menyenangkan baik bagi orang yang membenci maupun orang yang dibenci. Kebencian yang berlangsung terus-menerus tidak hanya mengganggu, tetapi juga merusak kehidupan bersama. Jika dibiarkan, kebencian bisa berdampak buruk seperti kekerasan hingga genosida.

Semenjak awal, Yesus telah mengatakan, kebencian akan dialami oleh para murid-Nya. Namun, hal itu tidak perlu terlalu dirisaukan sebab Yesus juga mengalami hal yang sama (18). Bahkan, Yesus telah mengalami buah kebencian, yaitu penganiayaan (20). Yesus mengingatkan bahwa jika hal itu telah dialami-Nya, maka para murid juga akan mengalaminya.

Kebencian pada umumnya berangkat dari realitas perbedaan. Yesus menegaskan adanya perbedaan, yaitu dari dunia dan bukan dari dunia (19). Namun, itu bukan satu-satunya; sumber kebencian lainnya adalah mereka tidak dapat mengenal atau tidak mau mengenal. Tidak mengenal Yesus berarti tidak mengenal Bapa. Itu sebabnya, kepada dunia harus diperkenalkan tentang Yesus dan Bapa. Para muridlah yang ditugaskan untuk memberi kesaksian. Dalam rangka menjalankan tugasnya, para murid akan mendapatkan penguatan dari Sang Penghibur, yaitu Roh Kudus. Dengan kesaksian itu diharapkan dunia dapat mengenal Yesus.

Pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Pepatah ini benar sebab banyak kebencian berangkat dari prasangka akibat tidak mengenal. Prasangka selalu muncul ketika kita berjumpa dengan mereka yang berbeda dengan kita. Tak pelak lagi, untuk menghapus prasangka dibutuhkan keberanian memperkenalkan diri. Bersaksi adalah upaya memperkenalkan Yesus kepada semua orang.

Panggilan bersaksi sering dikerdilkan menjadi kristenisasi. Itu sebabnya, banyak tindakan kesaksian justru menambah kebencian. Diperlukan upaya yang sungguh-sungguh untuk menjadikan kesaksian sebagai alat memperkenalkan kasih Yesus kepada semua orang. Upaya itu dilakukan oleh kita yang mengaku menjadi murid-murid Yesus pada zaman ini. [ASP]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/03/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yohanes+15:18-27
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+15:18-27

Yohanes 15:18-27

18  "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
19  Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
20  Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.
21  Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.
22  Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka!
23  Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku.
24  Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku.
25  Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.
26  Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
27  Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar