(e-SH) 28 Februari -- 1 Raja-raja 11:1-13 - Waspadalah!

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 28 Februari 2021
Ayat SH: 1 Raja-raja 11:1-13

Judul: Waspadalah!

Mungkin ada di antara kita yang saat ini memiliki atau membutuhkan idola dalam hidupnya. Idola ini diperlukan sebagai contoh, pola, dan patron dalam hidup. Oleh karena itu, idola akan dipuja dan diikuti sedemikian rupa oleh para pemujanya.

Kata idola sejatinya muncul dari kata Inggris idol. Namun, orang mungkin tak memahami bahwa kata idola itu artinya berhala. Dengan kata lain, seseorang atau sesuatu yang diidolakan sejatinya adalah berhala. Segala sesuatu yang jadi idola akan mendapatkan perlakuan yang sangat berbeda. Sederhananya, idola itu akan disembah.

Berhadapan dengan ancaman idolatry (penyembahan berhala), pilihannya adalah terus-menerus mengembangkan sikap waspada. Ancaman itu akan menyasar siapa saja, tanpa terkecuali. Dengan cara apa saja, dan biasanya dengan cara-cara yang sangat halus, sehingga orang tak menyadari bahwa mereka sudah dan sedang jatuh ke dalam penyembahan berhala.

Salomo pun kurang waspada terhadap godaan penyembahan berhala. Sebagai raja, ia memang memiliki kebebasan dalam melakukan apa saja, termasuk untuk memiliki banyak istri. Ia memiliki 700 istri dan 300 gundik (3). Pada masa itu, memiliki banyak istri dan gundik adalah hal yang biasa. Masalahnya adalah Salomo mengambil istri dan gundik dari bangsa-bangsa yang tak mengenal Tuhan (1-2). Saat Salomo lengah, ia terbujuk mengikuti mereka sehingga berpaling kepada ilah lain. Salomo menyembah berhala (5-8). Ia jatuh ke dalam penyembahan berhala karena kurang waspada.

Tampak Salomo mengidolakan istri-istri dan gundiknya itu. Salomo melakukan hal yang berbahaya, yaitu sekadar mengikuti keinginan para istri dan gundiknya. Pada saat Salomo mengikuti keinginan dan kesenangan mereka, dirinya jadi melupakan Tuhan.

Oleh karena itu, mari kita mewaspadai berbagai godaan yang dapat membuat kita jauh dari Tuhan. Waspadai setiap keinginan kita. Ujilah! Apakah semua itu menyenangkan Tuhan atau tidak? Waspadalah! [JCP]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/02/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+Raja-raja+11:1-13
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Raja-raja+11:1-13

1 Raja-raja 11:1-13

 1  Adapun raja Salomo mencintai banyak perempuan asing. Di samping anak Firaun ia mencintai perempuan-perempuan Moab, Amon, Edom, Sidon dan Het,
 2  padahal tentang bangsa-bangsa itu TUHAN telah berfirman kepada orang Israel: "Janganlah kamu bergaul dengan mereka dan merekapun janganlah bergaul dengan kamu, sebab sesungguhnya mereka akan mencondongkan hatimu kepada allah-allah mereka." Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta.
 3  Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.
 4  Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya.
 5  Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon,
 6  dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya.
 7  Pada waktu itu Salomo mendirikan bukit pengorbanan bagi Kamos, dewa kejijikan sembahan orang Moab, di gunung di sebelah timur Yerusalem dan bagi Molokh, dewa kejijikan sembahan bani Amon.
 8  Demikian juga dilakukannya bagi semua isterinya, orang-orang asing itu, yang mempersembahkan korban ukupan dan korban sembelihan kepada allah-allah mereka.
 9  Sebab itu TUHAN menunjukkan murka-Nya kepada Salomo, sebab hatinya telah menyimpang dari pada TUHAN, Allah Israel, yang telah dua kali menampakkan diri kepadanya,
10  dan yang telah memerintahkan kepadanya dalam hal ini supaya jangan mengikuti allah-allah lain, akan tetapi ia tidak berpegang pada yang diperintahkan TUHAN.
11  Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Salomo: "Oleh karena begitu kelakuanmu, yakni engkau tidak berpegang pada perjanjian dan segala ketetapan-Ku yang telah Kuperintahkan kepadamu, maka sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari padamu dan akan memberikannya kepada hambamu.
12  Hanya, pada waktu hidupmu ini Aku belum mau melakukannya oleh karena Daud, ayahmu; dari tangan anakmulah Aku akan mengoyakkannya.
13  Namun demikian, kerajaan itu tidak seluruhnya akan Kukoyakkan dari padanya, satu suku akan Kuberikan kepada anakmu oleh karena hamba-Ku Daud dan oleh karena Yerusalem yang telah Kupilih."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar