(e-SH) 25 Februari -- 1 Raja-raja 9:1-9 - Syarat dan Ketentuan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 25 Februari 2021
Ayat SH: 1 Raja-raja 9:1-9

Judul: Syarat dan Ketentuan

Sejak zaman dahulu, dalam kehidupan manusia sudah berlaku yang namanya syarat dan ketentuan, apalagi bila menyangkut hubungan dua pihak. Hal tersebut lazim dan baik adanya, serta dijadikan sebagai pegangan bagi kedua belah pihak yang melakukan perjanjian dan/atau kerjasama. Terlebih lagi di dalam relasi antara Tuhan dengan umat-Nya, khususnya dengan orang-orang yang dipercaya memegang jabatan tertentu, persoalan syarat dan ketentuan menjadi keniscayaan.

Dalam penampakan yang kedua kepada Salomo, Tuhan menegaskan kembali syarat dan ketentuan tersebut (4-9). Hal ini perlu dilakukan oleh Tuhan kepada Salomo secara khusus, sebab perkara yang Tuhan percayakan kepada Salomo adalah perkara yang sangat besar. Salomo bertanggung jawab bukan saja kepada dirinya sendiri, tetapi juga kepada seluruh rakyat yang ada di dalam kerajaannya.

Itu sebabnya, Tuhan memberikan syarat dan ketentuan kepada Salomo agar ia dapat menjalankan seluruh tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan benar.

Kekuasaan yang besar menuntut tanggung jawab yang besar. Orang harus sadar betul bahwa ketika menerima kekuasaan yang besar, ia bukan hanya menerima semua kenikmatannya, akan tetapi juga semua risikonya. Bukan hanya risiko terhadap dirinya, tetapi juga semua keturunannya.

Pada dirinya, setiap kita berhak mengelola berkat-berkat yang telah dilimpahkan-Nya. Dalam mengelola semua berkat tersebut, ada syarat dan ketentuan yang harus diberlakukan, yakni kesediaan kita untuk mengikuti dengan tulus hati segala ketetapan dan peraturan yang sudah ditetapkan Tuhan.

Mungkin ada di antara kita yang melihat hal ketetapan dan peraturan sebagai beban. Saat ini kita diingatkan bahwa syarat dan ketentuan adalah panduan agar kita dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam mengelola setiap berkat dari Tuhan dengan baik. Mari kita benahi sikap kita saat hendak bersyukur kepada Tuhan dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang diberikan-Nya. [JCP]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/02/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+Raja-raja+9:1-9
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Raja-raja+9:1-9

1 Raja-raja 9:1-9

 1  Ketika Salomo selesai mendirikan rumah TUHAN dan istana raja dan membuat segala yang diinginkannya,
 2  maka TUHAN menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya seperti Ia sudah menampakkan diri kepadanya di Gibeon.
 3  Firman TUHAN kepadanya: "Telah Kudengar doa dan permohonanmu yang kausampaikan ke hadapan-Ku; Aku telah menguduskan rumah yang kaudirikan ini untuk membuat nama-Ku tinggal di situ sampai selama-lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa.
 4  Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dengan tulus hati dan dengan benar, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku,
 5  maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu atas Israel untuk selama-lamanya seperti yang telah Kujanjikan kepada Daud, ayahmu, dengan berkata: Keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel.
 6  Tetapi jika kamu ini dan anak-anakmu berbalik dari pada-Ku dan tidak berpegang pada segala perintah dan ketetapan-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya,
 7  maka Aku akan melenyapkan orang Israel dari atas tanah yang telah Kuberikan kepada mereka, dan rumah yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku itu, akan Kubuang dari hadapan-Ku, maka Israel akan menjadi kiasan dan sindiran di antara segala bangsa.
 8  Dan rumah ini akan menjadi reruntuhan, sehingga setiap orang yang lewat akan tertegun, bersuit, dan berkata: Apakah sebabnya TUHAN berbuat yang demikian kepada negeri ini dan kepada rumah ini?
 9  Maka orang akan berkata: Sebab mereka meninggalkan TUHAN, Allah mereka, yang membawa nenek moyang mereka keluar dari tanah Mesir dan sebab mereka berpegang pada allah lain dan sujud menyembah kepadanya dan beribadah kepadanya. Itulah sebabnya TUHAN mendatangkan segala malapetaka ini ke atas mereka."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar