(e-RH) 23 Februari -- 1 TIMOTIUS 5:1-16 - MEMBALAS BUDI

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 23 Februari 2021
Bacaan : 1 TIMOTIUS 5:1-16
Setahun: Bilangan 23-25
Nats: Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu, hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah. (1 Timotius 5:4)

Renungan:

MEMBALAS BUDI

Ibu mertua saya punya kisah menarik berkaitan dengan pendidikan para keponakan di dalam keluarga besarnya. Cukup banyak di antara mereka dibantu oleh ibu mertua saya selama bersekolah. Mulai dari membuka rumahnya untuk tempat tinggal, menjamin kebutuhan makan minum mereka, sampai ikut menopang biaya sekolah mereka. Hal yang melegakan adalah cukup banyak dari mereka yang hidup berhasil, lalu membalas budi baik yang pernah ibu mertua saya berikan kepada mereka.

Kewajiban untuk membalas budi juga ditekankan oleh Rasul Paulus kepada Timotius, agar diteruskan pada orang-orang yang masih memiliki ibu atau nenek yang berstatus janda. Para anak dan cucu tersebut harus membalas budi dengan cara merawat dan memperhatikan ibu atau nenek mereka, sebagai hal yang berkenan kepada Allah. Dalam Terjemahan BIS, kata "belajar berbakti" memakai istilah "diberi pengertian", yang berarti adanya upaya untuk mengajar sampai mengerti dan dipraktikkan dalam hidup keseharian.

Nasihat firman hari ini sangat jelas, juga dapat dipraktikkan selagi kita masih memiliki orang tua, juga kakek atau nenek yang masih hidup-perhatikan dan rawatlah mereka dengan segenap kemampuan kita. Dalam konteks luas, nasihat ini juga berlaku jika kita menerima bantuan yang sangat berarti atas kehidupan kita dari orang lain. Kiranya dijauhkan dari kita sikap tidak tahu berterima kasih, karena hal itu jauh dari tindakan yang memuliakan Tuhan, bahkan dapat menjadi batu sandungan bagi orang yang melihat kehidupan kita. --GHJ/www.renunganharian.net
   
JIKA KEWAJIBAN UNTUK MEMBALAS BUDI DITULIS DALAM FIRMAN TUHAN, JANGAN SEKALI-KALI MENGABAIKANNYA!

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/02/23/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/02/23/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+TIMOTIUS+5:1-16

1 TIMOTIUS 5:1-16

 1  Janganlah engkau keras terhadap orang yang tua, melainkan tegorlah dia sebagai bapa. Tegorlah orang-orang muda sebagai saudaramu,
 2  perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian.
 3  Hormatilah janda-janda yang benar-benar janda.
 4  Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu, hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah.
 5  Sedangkan seorang janda yang benar-benar janda, yang ditinggalkan seorang diri, menaruh harapannya kepada Allah dan bertekun dalam permohonan dan doa siang malam.
 6  Tetapi seorang janda yang hidup mewah dan berlebih-lebihan, ia sudah mati selagi hidup.
 7  Peringatkanlah hal-hal ini juga kepada janda-janda itu agar mereka hidup dengan tidak bercela.
 8  Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.
 9  Yang didaftarkan sebagai janda, hanyalah mereka yang tidak kurang dari enam puluh tahun, yang hanya satu kali bersuami
10  dan yang terbukti telah melakukan pekerjaan yang baik, seperti mengasuh anak, memberi tumpangan, membasuh kaki saudara-saudara seiman, menolong orang yang hidup dalam kesesakan--pendeknya mereka yang telah menggunakan segala kesempatan untuk berbuat baik.
11  Tolaklah pendaftaran janda-janda yang lebih muda. Karena apabila mereka sekali digairahkan oleh keberahian yang menceraikan mereka dari Kristus, mereka itu ingin kawin
12  dan dengan memungkiri kesetiaan mereka yang semula kepada-Nya, mereka mendatangkan hukuman atas dirinya.
13  Lagipula dengan keluar masuk rumah orang, mereka membiasakan diri bermalas-malas dan bukan hanya bermalas-malas saja, tetapi juga meleter dan mencampuri soal orang lain dan mengatakan hal-hal yang tidak pantas.
14  Karena itu aku mau supaya janda-janda yang muda kawin lagi, beroleh anak, memimpin rumah tangganya dan jangan memberi alasan kepada lawan untuk memburuk-burukkan nama kita.
15  Karena beberapa janda telah tersesat mengikut Iblis.
16  Jika seorang laki-laki atau perempuan yang percaya mempunyai anggota keluarga yang janda, hendaklah ia membantu mereka sehingga mereka jangan menjadi beban bagi jemaat. Dengan demikian jemaat dapat membantu mereka yang benar-benar janda.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Bilangan+23-25
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Bilangan+23-25

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar