(e-SH) 24 Januari -- Matius 12:38-50 - Memahami Allah

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 24 Januari 2021
Ayat SH: Matius 12:38-50

Judul: Memahami Allah

Argumentasi-argumentasi yang rasional mengenai iman Kristen banyak dipertanyakan oleh banyak pihak. Banyak orang mempertanyakan motivasi dasar dari argumentasi-argumentasi tersebut.

Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat datang kepada Yesus dan menyebut-Nya "Guru". Mereka memandang seorang guru sebagai orang yang dihormati, pengajarannya didengarkan dan ditaati. Lalu, mereka pun meminta tanda (38). Permintaan mereka ini seolah-olah adalah permintaan yang wajar dan rasional. Yesus dituntut untuk membuktikan bahwa Dia adalah Mesias.

Hanya saja, ketika melihat rentetan peristiwa dalam pasal 12 ini, maka terlihat sesuatu yang menimbulkan pertanyaan. Permintaan tanda muncul setelah rentetan peristiwa Yesus melakukan mukjizat yang luar biasa. Tanda bahwa Yesus adalah Mesias ada di depan mata mereka, namun tidak memuaskan mereka dan mereka pun berdalih. Mereka memang tidak ingin percaya dan menempatkan diri pada posisi yang lebih tinggi daripada Yesus. Oleh sebab itu, mereka merasa tidak perlu menaati perkataan Yesus.

Yesus menanggapi dengan memberikan contoh dari sikap orang-orang Niniwe dan ratu dari Selatan. Orang Niniwe bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus. Demikian juga dengan ratu negeri Syeba (bdk. 1Raj.10:1) yang memiliki kesungguhan hati untuk datang mendengarkan hikmat Salomo. Namun demikian, ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu tidak bertobat setelah mendengarkan dan menyaksikan tanda-tanda dari Tuhan Yesus.

Upaya untuk memahami Allah perlu dikerjakan oleh setiap orang Kristen. Hanya saja, sudahkah kita mengamini dan menaati kebenaran yang sudah Tuhan singkapkan? Ketika bukti secara rasional saja yang dikejar, tanpa disertai hati yang terbuka untuk percaya dan taat, sesungguhnya kita makin menjauh dari kebenaran.

Kita perlu wawas diri dan memohon ampun, sebab selama ini kita terlalu menuntut tanda dari Tuhan dan mengandalkan pemikiran kita sendiri. Kita harus hidup beriman disertai dengan perbuatan. [MKG]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/01/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Matius+12:38-50
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+12:38-50

Matius 12:38-50

38  Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu."
39  Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
40  Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
41  Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!
42  Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"
43  "Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya.
44  Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapih teratur.
45  Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini."
46  Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia.
47  Maka seorang berkata kepada-Nya: "Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau."
48  Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?"
49  Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!
50  Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar