(e-SH) 4 Desember -- Hosea 5:1-7 - Mencari untuk Menemukan Tuhan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 4 Desember 2020
Ayat SH: Hosea 5:1-7

Judul: Mencari untuk Menemukan Tuhan

Mencari apa pun, jika tidak berhasil menemukan, tentu akan menimbulkan kejengkelan. Jika hal ini terus berlanjut, kita bisa menjadi putus asa.

Situasi putus asa pernah dialami umat Israel ketika mencari Tuhan. Padahal, bangsa itu telah mencari Tuhan dengan kurban kambing-domba dan lembu-sapi. Sayang, mereka tidak akan menjumpai Dia. Pasalnya, Tuhan telah menarik diri dari mereka.

Mengapa Tuhan tidak berkenan dijumpai? Sebab, umat yang begitu disayangi itu telah berkhianat terhadap-Nya. Mereka telah memperanakkan anak-anak sundal, mencintai perzinaan dan kenajisan (7). Tuhan memandang perbuatan mereka sebagai kekejian. Hal itulah yang membuat Tuhan enggan ditemui. Dosa-dosa mereka telah menjadi pemisah yang begitu lebar dengan Tuhan, sehingga sekalipun mereka mencari Allah, mereka tidak akan menemukan-Nya.

Bagaimana caranya agar kita bisa menemukan-Nya kembali? Bertobat! Bertobat, artinya berbalik kembali kepada Allah dengan meninggalkan segala dosa. Ya, hanya pertobatan manusia yang memungkinkan Allah berkenan untuk ditemui.

Jika semula kita tidak setia, berkhianat, dan mencintai kenajisan, sekaranglah saatnya mengarahkan hati kepada Tuhan. Sikap inilah yang pertama dituntut oleh Tuhan dari umat-Nya. Dia tidak bisa dimanipulasi dengan segala upacara keagamaan dan pemberian persembahan. Tuhan lebih berkenan kepada hati yang bertobat. Persembahan dari hati yang bertobatlah yang diperkenan Allah. Persembahan dari hati yang bertobat akan sampai pada takhta kasih karunia-Nya. Ya, Tuhan hanya bisa dicari dan ditemukan dengan menempuh jalan cinta kasih. Ini sesuai hakikat-Nya yang adalah kasih.

Artinya, tidak mungkin orang yang hatinya berkhianat, penuh tipu daya, dan kenajisan dapat menemukan Tuhan. Kecuali Tuhan memberi rahmat-Nya dan berkehendak lain. Tuhan sendiri yang mencari seperti kisah pertobatan Saulus. Oleh karena itu, dalam rangka menemukan Tuhan, selain menempuh jalan cinta kasih, kita jangan lupa selalu memohon rahmat dari Tuhan. [SZR]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/12/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Hosea+5:1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Hosea+5:1-7

Hosea 5:1-7

 1  Dengarlah ini, hai para imam, perhatikanlah, hai kaum Israel, dan pasanglah telinga, hai keluarga raja! Sebab mengenai kamulah penghukuman itu, karena kamu telah menjadi perangkap bagi Mizpa, dan jaring yang dikembangkan di atas gunung Tabor,
 2  dan lobang yang dikeruk di lembah Sitim, maka Aku ini akan menghajar mereka sekalian.
 3  Aku ini mengenal Efraim, dan Israel tidaklah tersembunyi bagi-Ku, sebab engkau telah berzinah, hai Efraim; dan Israel telah menajiskan diri.
 4  Perbuatan-perbuatan mereka tidak mengizinkan mereka berbalik kepada Allah mereka, sebab roh perzinahan ada di antara mereka, dan mereka tidak mengenal TUHAN.
 5  Kecongkakan Israel menjadi saksi terhadap dirinya sendiri; Efraim akan tergelincir jatuh oleh kesalahannya sendiri, dan bersama-sama mereka juga Yehuda.
 6  Dengan korban kambing domba dan lembu sapinya mereka akan pergi untuk mencari TUHAN, tetapi tidak akan menjumpai Dia; Ia telah menarik diri dari mereka.
 7  Mereka telah berkhianat terhadap TUHAN, sebab mereka telah memperanakkan anak-anak yang tidak sah; sekarang pembinasa akan memakan habis mereka dan ladang mereka.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar