(e-SH) 22 Desember -- Yoel 3:1-8 - Allah Mengenal Kepunyaan-Nya

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 22 Desember 2020
Ayat SH: Yoel 3:1-8

Judul: Allah Mengenal Kepunyaan-Nya

Kita tahu bahwa sesuatu dinilai berdasarkan keunikan dan siapa pemiliknya. Semakin unik suatu barang, kian tinggi pula nilainya. Demikian halnya jika pemilik sebuah barang adalah orang terhormat atau terkenal, maka nilainya pun bisa melambung tinggi.

Prinsip yang sama terlihat dalam bacaan kita hari ini. Istilah "umat-Ku, milik-Ku, tanah-Ku, perak-Ku, emas-Ku, barang-barang-Ku" menekankan bahwa Allah adalah pemilik Israel dan bahwa Israel berharga di mata Tuhan.

Persoalannya, bangsa-bangsa tetangga Israel telah mencemarkan barang-barang kudus Allah. Mereka telah menjual umat Allah dan merusaknya. Sesudah itu, mereka membagi-bagikan tanah Allah (3-5).

Atas tindakan itulah, Allah beperkara dengan mereka. Allah akan menghukum mereka setimpal dengan perbuatannya (7-8). Mereka akan dijual sama seperti mereka menjual milik Allah. Mereka akan menuai apa yang telah mereka tabur. Semua ini karena mereka telah mencelakakan milik Allah.

Allah mengenal kepunyaan-Nya, yaitu Israel. Ia sendiri yang memilih, memanggil, dan mengikat perjanjian dengan mereka. Inilah sebabnya Allah tidak pernah membiarkan umat-Nya binasa. Sekalipun marah, Ia akan selalu memberikan anugerah pengampunan kepada mereka. Allah tidak akan pernah melepaskan umat-Nya.

Allah akan menghukum pihak yang mengganggu kepunyaan-Nya. Musuh umat-Nya adalah musuh-Nya juga. Memang, Allah memakai mereka untuk menjalankan hukuman atas Israel saat umat-Nya itu mengambil jalan yang menyimpang. Akan tetapi, jika mereka menjalankannya dengan tidak menghormati kekudusan-Nya, Allah akan berbalik menghukum mereka juga.

Inilah kabar baik bagi kita. Kita diikat oleh perjanjian dengan Allah. Kita dimiliki dan memiliki Allah. Allah akan menghukum semua pihak yang mengganggu atau yang ingin membinasakan kita. Seberapa besar pun usaha mereka, Allah akan menggagalkannya. Jadi, jangan takut. Sebab, keselamatan kita ada di dalam Allah yang sangat mengenali kepunyaan-Nya. [JMH]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/12/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yoel+3:1-8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yoel+3:1-8

Yoel 3:1-8

 1  "Sebab sesungguhnya pada hari-hari itu dan pada waktu itu, apabila Aku memulihkan keadaan Yehuda dan Yerusalem,
 2  Aku akan mengumpulkan segala bangsa dan akan membawa mereka turun ke lembah Yosafat; Aku akan berperkara dengan mereka di sana mengenai umat-Ku dan milik-Ku sendiri, Israel, oleh karena mereka mencerai-beraikannya ke antara bangsa-bangsa dan membagi-bagi tanah-Ku,
 3  oleh karena mereka membuang undi mengenai umat-Ku, menyerahkan seorang anak laki-laki karena seorang sundal, dan menjual seorang anak perempuan karena anggur untuk diminum.
 4  Lagi apakah sangkut pautmu dengan Aku, hai Tirus dan Sidon dan seluruh wilayah Filistin? Apakah kamu ini hendak membalas perbuatan-Ku? Apabila kamu melakukan sesuatu terhadap Aku, maka dengan cepat, dengan segera Aku akan membalikkan perbuatanmu itu kepadamu sendiri.
 5  Oleh karena kamu telah mengambil perak-Ku dan emas-Ku dan telah membawa barang-barang-Ku yang berharga yang indah-indah ke tempat-tempat ibadahmu,
 6  dan telah menjual orang-orang Yehuda dan orang-orang Yerusalem kepada orang Yunani dengan maksud menjauhkan mereka dari daerah mereka.
 7  Sesungguhnya Aku akan menggerakkan mereka dari tempat ke mana kamu menjual mereka, dan Aku akan membalikkan perbuatanmu itu ke atas kepalamu sendiri.
 8  Aku akan menjual anak-anakmu laki-laki dan perempuan kepada orang-orang Yehuda dan mereka akan menjual anak-anakmu itu kepada orang-orang Syeba, kepada suatu bangsa yang jauh, sebab TUHAN telah mengatakannya."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar