(e-SH) 19 Desember -- Yoel 2:12-17 - Berbalik kepada Tuhan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 19 Desember 2020
Ayat SH: Yoel 2:12-17

Judul: Berbalik kepada Tuhan

Setelah menyampaikan keadaan pada hari Tuhan, Yoel menyerukan pertobatan kepada umat. Ia mengajak umat agar berbalik kepada Tuhan dengan segenap hati. Untuk itu, ia meminta agar umat berpuasa, menangis, dan mengaduh. Ia menyerukan agar umat kembali kepada Tuhan karena Ia pengasih, penyayang, dan panjang sabar.

Ajakan ini adalah sebuah tantangan bagi umat. Apakah umat rela dan mau berbalik kepada Tuhan? Jika mau, umat harus meneguhkan dan menetapkan sepenuh hati, bukan setengah hati, agar kembali kepada-Nya.

Puasa adalah salah satu cara untuk membuktikan kesungguhan pertobatan. Menangis dan mengaduh adalah tanda rasa pedih, sakit, dan penyesalan akibat dosa. Tuhan mengharapkan umat bukan sekadar berkabung dengan mengoyak pakaiannya, tetapi juga mengoyak hatinya.

Permintaan dan tantangan ini semata-mata karena umat tahu betul bahwa Tuhan itu sangat baik. Tuhan yang pengasih dan penyayang pasti rela menerima kekasih hatinya jika berbalik. Tuhan pasti panjang sabar untuk mendengarkan doa dan ratap tangis umat-Nya. Tuhan yang penuh kasih setia akan menerima umat yang rela kembali kepada-Nya. Dalam pengenalan akan Tuhan yang demikianlah umat diajak untuk bersama-sama berseru, "Sayangilah, ya TUHAN, umat-Mu" (2:17).

Jika seseorang mengajak kita berbalik kepada Tuhan, kita wajib mendengar ajakan itu dengan sungguh-sungguh. Sebaiknya, kita jangan pernah menganggap hal itu sebagai angin lalu. Bisa jadi, mereka adalah utusan Tuhan untuk menegur kita. Hal ini bisa saja terjadi karena Tuhan mengasihi dan menyayangi kita. Ada baiknya kita mengucapkan terima kasih kepada orang tersebut dan bersyukur kepada Tuhan.

Tuhan peduli dan ingin agar kita berbalik kembali kepada-Nya. Tuhan sungguh-sungguh menyayangi kita dan tidak ingin kehilangan kita. Oleh karena itu, marilah kita memohon kepada Tuhan untuk memberi kepekaan dalam mendengarkan ajakan pertobatan dari siapa saja yang diutus-Nya! [TMP]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/12/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yoel+2:12-17
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yoel+2:12-17

Yoel 2:12-17

12  "Tetapi sekarang juga," demikianlah firman TUHAN, "berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh."
13  Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya.
14  Siapa tahu, mungkin Ia mau berbalik dan menyesal, dan ditinggalkan-Nya berkat, menjadi korban sajian dan korban curahan bagi TUHAN, Allahmu.
15  Tiuplah sangkakala di Sion, adakanlah puasa yang kudus, maklumkanlah perkumpulan raya;
16  kumpulkanlah bangsa ini, kuduskanlah jemaah, himpunkanlah orang-orang yang tua, kumpulkanlah anak-anak, bahkan anak-anak yang menyusu; baiklah penganten laki-laki keluar dari kamarnya, dan penganten perempuan dari kamar tidurnya;
17  baiklah para imam, pelayan-pelayan TUHAN, menangis di antara balai depan dan mezbah, dan berkata: "Sayangilah, ya TUHAN, umat-Mu, dan janganlah biarkan milik-Mu sendiri menjadi cela, sehingga bangsa-bangsa menyindir kepada mereka. Mengapa orang berkata di antara bangsa: Di mana Allah mereka?"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar