(e-SH) 14 Desember -- Hosea 11:1-11 - Hati Tuhan Berbalik

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 14 Desember 2020
Ayat SH: Hosea 11:1-11

Judul: Hati Tuhan Berbalik

Dalam firman Tuhan hari ini, Hosea mengajak kita untuk merasakan kedahsyatan cinta Tuhan bagi manusia. Kedahsyatan cinta itu dijelaskan melalui tindakan aktif Tuhan bagi umat-Nya. Tuhan mengajar berjalan, mengangkat, menyembuhkan, dan membungkuk untuk memberi mereka makan. Hal ini tetap dilakukan Tuhan, sekalipun umat-Nya tidak mau insaf. Dalam kasih-Nya, hati Tuhan tetap berbalik kepada umat-Nya.

Kita mungkin mudah mengingat dan menghafal ayat Alkitab tentang cinta Allah kepada segenap ciptaan-Nya. Namun, cinta bukan hanya kata-kata. Kita harus mempraktikkan cinta dalam kenyataan hidup itu sendiri.

Penggunaan kata "anak-Ku" (1) mengingatkan kita pada sifat dan sikap orang tua terhadap anaknya. Orang tua pasti dengan sabar mengajari anaknya berjalan. Ia menimang, menggendong, mendidik, dan mengasuhnya hingga remaja. Kadang, ia memang marah dan kesal melihat tingkah laku anak yang menentangnya. Namun, setelah itu, ia akan memeluk anaknya dan mengasihinya kembali. Walau kesal dan marah, hati orang tua selalu berbalik kepada anaknya. Orang tua pasti gigih dalam bekerja dan berdoa demi mencukupi kebutuhan anaknya.

Apalagi Tuhan! Sebagai Pencipta dan pemilik umat-Nya, Ia setia dan gigih bagi kita. Cinta-Nya lebih kuat daripada kekesalan hati-Nya. Kesabaran-Nya lebih kuat daripada kemarahan-Nya. Dia selalu merindukan umat yang dikasihi untuk dipanggil dan dipilih-Nya. Dia selalu mengikatkan diri dengan umat-Nya dalam kesetiaan dan kasih.

Cobalah selami perasaan Tuhan saat kita melakukan hal yang mengecewakan-Nya! Cobalah rasakan getar hati Tuhan saat kita tidak mau insaf! Rasakanlah kesabaran-Nya saat Allah menahan kekesalan hati-Nya dan menanggapi tingkah pemberontakan kita! Rasakan juga cinta, belas kasih, kesetiaan, dan sukacita-Nya ketika Dia berkenan mengampuni kita! Saat kita mampu mengenakan semua perasaan itu di dalam diri kita, maka kita akan mampu mengasihi Allah dan bersyukur atas kasih-Nya. [TMP]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/12/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Hosea+11:1-11
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Hosea+11:1-11

Hosea 11:1-11

 1  Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu.
 2  Makin Kupanggil mereka, makin pergi mereka itu dari hadapan-Ku; mereka mempersembahkan korban kepada para Baal, dan membakar korban kepada patung-patung.
 3  Padahal Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkat mereka di tangan-Ku, tetapi mereka tidak mau insaf, bahwa Aku menyembuhkan mereka.
 4  Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan.
 5  Mereka harus kembali ke tanah Mesir, dan Asyur akan menjadi raja mereka, sebab mereka menolak untuk bertobat.
 6  Pedang akan mengamuk di kota-kota mereka, akan memusnahkan palang-palang pintu mereka, dan akan memakan mereka di benteng-benteng mereka.
 7  Umat-Ku betah dalam membelakangi Aku; mereka memanggil kepada Baal dan berhenti meninggikan nama-Ku.
 8  Masakan Aku membiarkan engkau, hai Efraim, menyerahkan engkau, hai Israel? Masakan Aku membiarkan engkau seperti Adma, membuat engkau seperti Zeboim? Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku bangkit serentak.
 9  Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala itu, tidak akan membinasakan Efraim kembali. Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.
10  Mereka akan mengikuti TUHAN, Ia akan mengaum seperti singa. Sungguh, Ia akan mengaum, maka anak-anak akan datang dengan gemetar dari barat,
11  seperti burung dengan gemetar datang dari Mesir, dan seperti merpati dari tanah Asyur, lalu Aku akan menempatkan mereka lagi di rumah-rumah mereka, demikianlah firman TUHAN.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar