(e-RH) 9 Desember -- Matius 8:28-34 - APA BEDANYA?

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 9 Desember 2020
Bacaan : Matius 8:28-34
Setahun: 1 Timotius 1-6
Nats: Mereka pun berteriak, "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Apakah Engkau kemari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?" (Matius 8:29)

Renungan:

APA BEDANYA?

Cara kerja otak manusia memang unik. Mudah menyerap informasi sebagai pengetahuan. Termasuk pengetahuan yang membutuhkan tindak lanjut perbuatan. Tetapi, jikalau tidak segera ada tindakan, otak kita justru membangun benteng bermacam alasan mengapa kita tidak menindaklanjuti. Contoh, Toni tahu harus belajar tetapi tidak segera melakukannya atau terus menundanya. Akhirnya, ia benar-benar tidak belajar sambil otaknya menemukan seribu alasan untuk membenarkannya. Mekanisme ini patut kita waspadai.

Kejadian pengusiran setan di daerah Gadara didahului oleh penyeberangan melalui Danau Galilea-Yesus meneduhkan angin ribut (Mat. 8:23-27). Adegan itu ditutup dengan sebuah pertanyaan tentang siapakah Yesus itu, Pria yang sanggup membuat angin dan danau tunduk pada-Nya (ay. 27). Murid-murid terheran-heran tak mengerti. Giliran adegan berikut, ternyata muncul jawabannya, Dia itu "Anak Allah"-meluncur dari mulut setan-setan (ay. 29). Jawaban yang benar! Artinya, setan tahu siapa Yesus, tetapi mereka tetap melawan Dia. Begitulah setan, tahu Yesus namun tidak mengikut dan menyembah Dia.

Pengetahuan tanpa segera diikuti respons tindakan memang berbahaya. Berhenti cuma sampai tahu. Nantinya kita justru berpotensi mengerjakan sesuatu yang menentang pengetahuan itu. Termasuk jika kita hanya tahu tentang Tuhan. Tahu banyak serta pintar bicara tentang Tuhan tetapi tidak berlanjut dengan mengenal, mengasihi, menyembah, dan melayani Dia, itu sungguh berbahaya. Tiba waktunya kita malah merasa sah-sah saja melakukan tindakan melawan Tuhan. Kalau begitu, apa bedanya dengan setan? --PAD/www.renunganharian.net

TAHU TENTANG YESUS TETAPI MEMBENCI DIA IALAH TINDAKAN SATANIS. -D. A. CARSON

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/12/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/12/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Matius+8:28-34

Matius 8:28-34

28  Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorangpun yang berani melalui jalan itu.
29  Dan mereka itupun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"
30  Tidak jauh dari mereka itu sejumlah besar babi sedang mencari makan.
31  Maka setan-setan itu meminta kepada-Nya, katanya: "Jika Engkau mengusir kami, suruhlah kami pindah ke dalam kawanan babi itu."
32  Yesus berkata kepada mereka: "Pergilah!" Lalu keluarlah mereka dan masuk ke dalam babi-babi itu. Maka terjunlah seluruh kawanan babi itu dari tepi jurang ke dalam danau dan mati di dalam air.
33  Maka larilah penjaga-penjaga babi itu dan setibanya di kota, diceriterakannyalah segala sesuatu, juga tentang orang-orang yang kerasukan setan itu.
34  Maka keluarlah seluruh kota mendapatkan Yesus dan setelah mereka berjumpa dengan Dia, merekapun mendesak, supaya Ia meninggalkan daerah mereka.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?1+Timotius+1-6
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Timotius+1-6

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar