(e-SH) 18 November -- Yesaya 29:17-24 - Bersabar dan Bertekun

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 18 November 2020
Ayat SH: Yesaya 29:17-24

Judul: Bersabar dan Bertekun

Hidup ini ibarat kita sedang berada dalam ruang kelas pembelajaran. Ketika guru memberikan penjelasan, ada yang dapat kita mengerti, tetapi ada juga yang sulit kita mengerti. Dan ketika waktu ujian datang, pelajaran yang mudah kita mengerti dapat dengan mudah kita jawab sehingga hasilnya bisa dipastikan baik. Akan tetapi, pelajaran yang tidak kita pahami sulit untuk kita jawab. Bisa jadi, kita gagal atau mendapat nilai yang rendah. Untuk memperbaikinya, kita perlu belajar lagi dan melakukannya dengan sabar serta tekun.

Bangsa Israel, bisa jadi tidak memahami alasan penderitaan yang mereka alami. Mungkin mereka bertanya-tanya, mengapa mereka harus meninggalkan tanahnya dan terbuang ke negeri asing. Bisa jadi, mereka bertanya-tanya tentang maksud Allah tetapi gagal memahaminya.

Namun, janji Allah akan digenapi dan akhirnya mereka akan mengerti. Akan tiba waktunya, mereka akan mengalami keselamatan (17). Allah akan mengubah keadaan mereka menjadi baik kembali. Keadaan orang-orang yang semula buruk, baik keadaan jasmani maupun rohani mereka akan dipulihkan oleh Allah. Tidak akan ada lagi kesengsaraan sebab hal itu akan digantikan dengan sukacita (18-19). Keadaan yang berkebalikan seperti itu juga akan dialami orang-orang yang menimbulkan kesengsaraan di tengah umat Allah. Mereka akan hilang lenyap, mereka akan mendapat hukuman yang berat dari-Nya.

Saat itu, Israel akan mengerti alasan di balik semua penderitaan yang terjadi. Apa yang harus mereka lakukan adalah bersabar dan bertekun. Mereka hanya perlu menunggu, hingga tiba waktu penyelamatan.

Ada kalanya di tengah kehidupan, kita merasa seperti orang bodoh. Kita tidak mengerti kenapa sebuah peristiwa harus terjadi. Kalau sudah begitu, kita harus bersabar. Namun, bukan berarti kita hanya diam dan tidak melakukan apa pun. Sabar berarti terus berusaha menjalani kehidupan sekalipun berat. Saat kita telah memahami kebenaran firman Allah, ketahanan kita untuk menjalani kehidupan akan bertambah pula. [KRS]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/11/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+29:17-24
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+29:17-24

Yesaya 29:17-24

17  Bukankah hanya sedikit waktu lagi, Libanon akan berubah menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan?
18  Pada waktu itu orang-orang tuli akan mendengar perkataan-perkataan sebuah kitab, dan lepas dari kekelaman dan kegelapan mata orang-orang buta akan melihat.
19  Orang-orang yang sengsara akan tambah bersukaria di dalam TUHAN, dan orang-orang miskin di antara manusia akan bersorak-sorak di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel!
20  Sebab orang yang gagah sombong akan berakhir dan orang pencemooh akan habis, dan semua orang yang berniat jahat akan dilenyapkan,
21  yaitu mereka yang begitu saja menyatakan seseorang berdosa di dalam suatu perkara, dan yang memasang jerat terhadap orang yang menegor mereka di pintu gerbang, dan yang mendesak orang benar dengan alasan yang tidak-tidak.
22  Sebab itu beginilah firman TUHAN, Allah kaum keturunan Yakub, Dia yang telah membebaskan Abraham: "Mulai sekarang Yakub tidak lagi mendapat malu, dan mukanya tidak lagi pucat.
23  Sebab pada waktu mereka, keturunan Yakub itu, melihat apa yang dibuat tangan-Ku di tengah-tengahnya, mereka akan menguduskan nama-Ku; mereka akan menguduskan Yang Kudus, Allah Yakub, dan mereka akan gentar kepada Allah Israel;
24  orang-orang yang sesat pikiran akan mendapat pengertian, dan orang-orang yang bersungut-sungut akan menerima pengajaran."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar