(e-RH) 29 November -- Efesus 4:17-32 - SAMPAH TAK KASATMATA

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 29 November 2020
Bacaan : Efesus 4:17-32
Setahun: 2 Korintus 5-8
Nats: Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. (Efesus 4:31)

Renungan:

SAMPAH TAK KASATMATA

Sebuah benda yang pasti ada di rumah kita adalah tempat sampah. Setiap hari kita membuang ke dalamnya pelbagai kotoran rumah tangga, seperti plastik pembungkus makanan, kulit buah-buahan, sobekan kertas, tisu dan lain sebagainya. Adanya tempat sampah membuat rumah kita bersih. Kotoran tidak mengendap, tetapi dibawa keluar.

Tahukah kita di kehidupan ini ada sampah tak kasatmata? Wujudnya dapat berupa kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah (ay. 31). Namanya "sampah", sudah seharusnya kita buang! Herannya banyak di antara kita malah menyimpannya di dalam hati. Untunglah Daud tidak termasuk orang-orang yang demikian! Selama hidupnya, Daud tidak melakukan kesalahan terhadap Saul, pula memperlakukannya dengan hormat. Kenyataannya Saul justru sangat membencinya, bahkan ia memburu Daud untuk membunuhnya. Saat itu Iblis melemparkan pada Daud "sampah", yaitu kepahitan, kegeraman dan kemarahan. Apa yang dilakukan Daud? Ia membuangnya! Daud tetap bersikap baik kepada Saul. Dua kali ia beroleh kesempatan membunuh Saul, tetapi hal itu tidak dilakukannya. (1Sam. 24; 1Sam. 26). Daud menyingkirkan semua sampah sehingga kehidupannya dapat tetap berbau harum di hadapan Tuhan.

Adakah sampah tak kasatmata tertimbun dalam diri kita? Sekiranya ya, sekarang ini saatnya kita membuangnya! Singkirkan hawa nafsu (ay. 22), dan buanglah dusta (ay. 25). Jangan lagi menyimpan kemarahan, tetapi berikanlah pengampunan (ay. 26). Lepaskan diri dari kebiasaan buruk, lalu sebaliknya kenakan kebiasaan baik (ay. 28). Hasilnya, kehidupan kita menjadi bersih dan berbau harum di hadapan Tuhan. --LIN/www.renunganharian.net

JANGAN SIMPAN SAMPAH DALAM DIRI KITA, BUANGLAH ITU SEGERA!

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/11/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/11/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Efesus+4:17-32

Efesus 4:17-32

17  Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia
18  dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka.
19  Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran.
20  Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus.
21  Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus,
22  yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,
23  supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,
24  dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.
25  Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.
26  Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu
27  dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.
28  Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.
29  Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.
30  Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
31  Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.
32  Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?2+Korintus+5-8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Korintus+5-8

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar