(e-SH) 8 Oktober -- Yesaya 4:2-6 - Kedaulatan Allah Memulihkan Umat-Nya

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 8 Oktober 2020
Ayat SH: Yesaya 4:2-6

Judul: Kedaulatan Allah Memulihkan Umat-Nya

Apa respons Anda ketika mendengar istilah "kedaulatan Allah"? Allah adalah pribadi yang berdaulat. Kedaulatan-Nya merupakan hal yang tidak bisa diganggu gugat. Ketika kedaulatan ini dikaitkan dengan umat perjanjian-Nya, maka hal itu menegaskan bahwa Allah memiliki otoritas tertinggi dan mutlak atas mereka. Oleh sebab itu, Allah ikut campur tangan dalam sejarah umat untuk mewujudkan rencana-Nya.

Dalam nubuatannya, Yesaya menyebutkan bagaimana Allah yang berdaulat itu melakukan hal yang mendatangkan pemulihan dan kemurnian bagi Yerusalem. Hal ini terjadi setelah umat kembali dari pembuangan, dan Yesaya menegaskan bahwa Tuhan menumbuhkan tunas yang akan menjadi kepermaian dan kemuliaan. Tuhan pula yang akan membersihkan kekotoran dan menghapuskan segala noda darah dari Yerusalem; Dia juga yang akan melindungi umat-Nya (2, 4).

Yesaya menggambarkan Tuhan sebagai tudung, pondok tempat bernaung dan perlindungan, serta persembunyian (5-6). Dari sini tampak bahwa Allah berinisiatif memulihkan keadaan umat-Nya. Ia mengupayakan segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi umat-Nya.

Semua ini akan terjadi pada orang-orang Israel yang terluput dan orang Yerusalem yang tercatat untuk memperoleh hidup. Artinya, pemulihan bagi umat-Nya bisa terjadi melalui proses yang tidak sederhana. Pemulihan hanya berlaku bagi mereka yang rela dibersihkan dari kekotoran dan segala noda darah dengan roh yang mengadili dan yang membakar (3-4).

Akhirnya, Allah menghendaki pemulihan hubungan antara diri-Nya dengan umat Perjanjian. Bersyukurlah karena Allah berinisiatif memulihkan umat-Nya. Saat ini melalui Yesus Kristus, pintu anugerah dibuka untuk pemulihan itu. Allah telah mengambil inisiatif. Karena itu, kita harus bersikap reaktif terhadap inisiatif Allah. Kita tidak boleh berpangku tangan, hanya menyaksikan saja. Kita harus bertobat dari segala dosa agar kita dapat kembali masuk ke dalam persekutuan kekal dengan Allah dan menyambut anugerah-Nya. [MAM]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/10/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+4:2-6
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+4:2-6

Yesaya 4:2-6

 2  Pada waktu itu tunas yang ditumbuhkan TUHAN akan menjadi kepermaian dan kemuliaan, dan hasil tanah menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi orang-orang Israel yang terluput.
 3  Dan orang yang tertinggal di Sion dan yang tersisa di Yerusalem akan disebut kudus, yakni setiap orang di Yerusalem yang tercatat untuk beroleh hidup,
 4  apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar.
 5  Maka TUHAN akan menjadikan di atas seluruh wilayah gunung Sion dan di atas setiap pertemuan yang diadakan di situ segumpal awan pada waktu siang dan segumpal asap serta sinar api yang menyala-nyala pada waktu malam, sebab di atas semuanya itu akan ada kemuliaan TUHAN sebagai tudung
 6  dan sebagai pondok tempat bernaung pada waktu siang terhadap panas terik dan sebagai perlindungan dan persembunyian terhadap angin ribut dan hujan.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar