(e-SH) 2 Oktober -- Yesaya 1:10-20 - Aktivitas Agama yang Memuakkan Tuhan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 2 Oktober 2020
Ayat SH: Yesaya 1:10-20

Judul: Aktivitas Agama yang Memuakkan Tuhan

Kita mungkin berpikir, jika kita banyak melakukan aktivitas agama seperti berdoa, membaca firman, mengikuti PA, melayani, dan banyak memberi persembahan, pasti Tuhan akan senang dengan semua itu. Nas ini mengupas bahwa aktivitas agama yang baik tanpa diikuti perbuatan mengasihi sesama akan memuakkan Tuhan. Saking muaknya Tuhan terhadap umat-Nya, Ia memanggil mereka dengan sebutan manusia Sodom dan Gomora (10).

Kemudian, Tuhan menyatakan kejemuan-Nya dengan segala korban yang dipersembahkan umat, juga meminta mereka untuk tidak datang ke Bait Suci-Nya dan tidak membawa persembahan yang baunya adalah kejijikan bagi-Nya. Bahkan, Tuhan menyatakan bahwa sekalipun mereka terus berdoa, Ia akan memalingkan muka-Nya. Alasannya adalah "tanganmu penuh dengan darah" (11-15). Karena itu, Tuhan meminta mereka untuk membersihkan diri, berhenti berbuat jahat, dan belajar berbuat baik (16-17a). Apa yang dimaksud dengan berbuat baik? Maksudnya adalah "Usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam, belalah hak anak-anak yatim, perjuangkanlah perkara janda-janda!" (17). Dengan demikian, ketika umat bertobat, dosa umat yang merah seperti kirmizi akan menjadi putih seperti salju (18).

Menarik bahwa para nabi tidak mengecam umat karena kurang mempersembahkan kurban, kurang menghadiri perayaan, atau kurang berdoa, tetapi lebih berfokus pada bagaimana mereka memperlakukan sesama, terutama orang-orang lemah di antara mereka. Artinya, orang dengan iman sejati adalah orang yang bukan hanya aktivitas agamanya baik, melainkan juga yang mengasihi dan berbelas kasihan kepada sesamanya.

Apakah kita sudah memperlakukan orang-orang di sekitar kita dengan baik? Bagaimana kita memperlakukan pegawai, asisten rumah tangga kita, atau tetangga kita yang membutuhkan pertolongan? Bagaimana kita memperlakukan orang-orang miskin yang kita temui di jalanan? Ternyata iman sejati tercermin dari bagaimana sikap kita terhadap orang lain dan bagaimana kita mengasihi sesama. [INT]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/10/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+1:10-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+1:10-20

Yesaya 1:10-20

10  Dengarlah firman TUHAN, hai pemimpin-pemimpin, manusia Sodom! Perhatikanlah pengajaran Allah kita, hai rakyat, manusia Gomora!
11  "Untuk apa itu korbanmu yang banyak-banyak?" firman TUHAN; "Aku sudah jemu akan korban-korban bakaran berupa domba jantan dan akan lemak dari anak lembu gemukan; darah lembu jantan dan domba-domba dan kambing jantan tidak Kusukai.
12  Apabila kamu datang untuk menghadap di hadirat-Ku, siapakah yang menuntut itu dari padamu, bahwa kamu menginjak-injak pelataran Bait Suci-Ku?
13  Jangan lagi membawa persembahanmu yang tidak sungguh, sebab baunya adalah kejijikan bagi-Ku. Kalau kamu merayakan bulan baru dan sabat atau mengadakan pertemuan-pertemuan, Aku tidak tahan melihatnya, karena perayaanmu itu penuh kejahatan.
14  Perayaan-perayaan bulan barumu dan pertemuan-pertemuanmu yang tetap, Aku benci melihatnya; semuanya itu menjadi beban bagi-Ku, Aku telah payah menanggungnya.
15  Apabila kamu menadahkan tanganmu untuk berdoa, Aku akan memalingkan muka-Ku, bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, Aku tidak akan mendengarkannya, sebab tanganmu penuh dengan darah.
16  Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat,
17  belajarlah berbuat baik; usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam; belalah hak anak-anak yatim, perjuangkanlah perkara janda-janda!
18  Marilah, baiklah kita berperkara! --firman TUHAN--Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.
19  Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu.
20  Tetapi jika kamu melawan dan memberontak, maka kamu akan dimakan oleh pedang." Sungguh, TUHAN yang mengucapkannya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar