(e-RH) 30 Oktober -- Yosua 11:1-9 - KETAATAN DALAM KETAKUTAN

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 30 Oktober 2020
Bacaan : Yosua 11:1-9
Setahun: Lukas 21-22
Nats: "Janganlah takut menghadapi mereka, sebab besok kira-kira waktu ini Aku menyerahkan mereka mati terbunuh semuanya kepada orang Israel." (Yosua 11:6)

Renungan:

KETAATAN DALAM KETAKUTAN

Salah satu quote terjemahan buku The Tibetan Book of the Dead mengatakan, tidak ada orang waras mana pun yang tidak punya ketakutan terhadap apa pun. Ya, dalam kehidupan kita pasti pernah dilanda ketakutan. Ketakutan yang membuat kita diam di tempat atau menggoyahkan kehidupan kita bahkan iman percaya kita.

Meskipun bangsa Israel di bawah kepemimpinan Yosua sudah pernah merasakan kemenangan dalam berperang tapi mereka pun masih dalam ketakutan ketika musuh yang datang lebih banyak akan menyerbu mereka lagi. Apalagi musuh yang datang seperti pasir di tepi laut banyaknya (ay. 4). Mereka takut akan keselamatan dan kelangsungan hidup mereka. Mungkin bangsa Israel merasa mereka tidak bakalan menang melawan musuh mereka. Ketakutan yang merasuki mereka membuat mereka ragu akan menang melawan musuh. Padahal selama ini Tuhan merekalah yang berperang melawan mereka. Karena itu Tuhan mengingatkan Yosua agar jangan takut menghadapinya (ay. 6). Yosua pun mengajak bangsanya untuk taat dan mendengarkan Tuhan. Karena itu ia bergerak maju, melakukan seperti yang difirmankan Tuhan kepadanya (ay. 9).

Marilah kita juga selalu berusaha menjadi penolong bagi siapa pun. Jangan pelihara ketakutan dalam hati kita, tetapi datanglah pada Tuhan. Minta pertolongan-Nya dan setelah itu bergerak maju. Mari kalahkan ketakutan dengan tetap taat pada Tuhan. --MIA/www.renunganharian.net

BELAJAR MEMBERANIKAN DIRI LEBIH BAIK DARI PADA TETAP TAKUT.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/10/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/10/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yosua+11:1-9

Yosua 11:1-9

 1  Setelah hal itu terdengar kepada Yabin, raja Hazor, diutusnyalah orang kepada Yobab, raja Madon, dan kepada raja negeri Simron, kepada raja negeri Akhsaf,
 2  serta kepada raja-raja yang di sebelah utara, di Pegunungan, di Araba-Yordan di sebelah selatan Kinerot, di Daerah Bukit dan di tanah bukit Dor di sebelah barat,
 3  yakni raja-raja orang Kanaan di sebelah timur dan di sebelah barat, orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Yebus di pegunungan dan orang Hewi di kaki gunung Hermon, di tanah Mizpa.
 4  Kemudian keluarlah raja-raja ini bersama-sama semua tentaranya, amat banyak rakyat, seperti pasir di tepi laut banyaknya, beserta sangat banyak kuda dan kereta.
 5  Raja-raja ini bersekutu dan datang berkemah bersama-sama dekat mata air Merom untuk memerangi orang Israel.
 6  Lalu TUHAN berkata kepada Yosua: "Janganlah takut menghadapi mereka, sebab besok kira-kira waktu ini Aku menyerahkan mereka mati terbunuh semuanya kepada orang Israel. Kuda mereka haruslah kamu lumpuhkan dan kereta mereka haruslah kamu bakar dengan api."
 7  Lalu Yosua dengan seluruh tentaranya mendatangi mereka dengan tiba-tiba dekat mata air Merom, dan menyerbu mereka.
 8  Dan TUHAN menyerahkan mereka kepada orang Israel. Mereka dikalahkan dan dikejar sampai Sidon-Besar dan sampai Misrefot-Maim, dan sampai lembah Mizpa yang di sebelah timur. Demikianlah mereka dihancurkan, sehingga tidak seorangpun dari mereka yang dibiarkan lolos.
 9  Yosua melakukan terhadap mereka seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya: kuda mereka dilumpuhkan dan kereta mereka dibakar dengan api.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Lukas+21-22
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+21-22

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar