(e-SH) 5 September -- Mazmur 99 - Kuduslah Allah!

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 5 September 2020
Ayat SH: Mazmur 99

Judul: Kuduslah Allah!

Memahami siapa yang kita sembah adalah hal penting. Itulah yang dirasakan pemazmur dalam Mazmur 99. Pujian pemazmur kepada Allah dilandasi oleh pengenalannya akan Tuhan.

Pemazmur menyebutkan sifat-sifat Allah sebagai Raja. Allah itu kudus. Nama-Nya besar dan dahsyat. Ia adalah Raja yang kuat dan mencintai hukum. Ia menjawab seruan umat-Nya. Ia mengampuni dan membalas perbuatan umat-Nya (3-8).

Semua sifat Allah yang sempurna mendorong pemazmur untuk mengajak umat Israel dalam meninggikan nama-Nya dan sujud menyembah kepada-Nya. Pada akhirnya, semua seruan pemazmur bermuara pada Allah sebagai Allah Yang Mahakudus. Sifat Allah yang kudus beberapa kali diulang oleh pemazmur dalam mazmurnya.

Mazmur 99 pun ditutup dengan pernyataan Allah yang kudus (9). Kata "kudus" dalam bahasa aslinya berarti "dipisahkan". Artinya, Allah Israel adalah Allah yang berbeda dari ilah-ilah bangsa lain. Apa yang membedakan Allah Israel dari ilah lainnya? Kita bisa melihatnya terutama pada sifat Allah yang mengasihi umat-Nya, tetapi sekaligus membalas perbuatan umat-Nya (8). Hal ini menjadi penting karena sifat demikian tidak dimiliki oleh ilah-ilah lain di sekitar bangsa Israel. Sifat Allah yang kudus ini ditekankan oleh pemazmur yang hendak mengajak umat untuk memiliki sifat yang sama seperti Allah mereka. Pemazmur hendak menekankan identitas umat Allah sebagai umat yang kudus. Dengan demikian, umat Allah seharusnya memiliki kualitas yang berbeda dari bangsa lain yang ada di sekitar mereka.

Sebagai umat Allah, kita diajak untuk lebih mengenal Allah yang kita sembah. Pengenalan kita akan Allah akan memperkuat iman dan menolong kita untuk hidup sebagaimana sifat dan kehendak Allah. Karena Allah itu kudus, kita pun harus hidup di dalam kekudusan. Kita harus hidup dengan cara yang berbeda dari cara hidup dunia yang tidak menghormati kekudusan Allah. Marilah kita mengenal pribadi Allah dengan lebih dekat melalui perenungan firman-Nya. [HOS]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/09/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Mazmur+99
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+99

Mazmur 99

 1  TUHAN itu Raja, maka bangsa-bangsa gemetar. Ia duduk di atas kerub-kerub, maka bumi goyang.
 2  TUHAN itu maha besar di Sion, dan Ia tinggi mengatasi segala bangsa.
 3  Biarlah mereka menyanyikan syukur bagi nama-Mu yang besar dan dahsyat; Kuduslah Ia!
 4  Raja yang kuat, yang mencintai hukum, Engkaulah yang menegakkan kebenaran; hukum dan keadilan di antara keturunan Yakub, Engkaulah yang melakukannya.
 5  Tinggikanlah TUHAN, Allah kita, dan sujudlah menyembah kepada tumpuan kaki-Nya! Kuduslah Ia!
 6  Musa dan Harun di antara imam-imam-Nya, dan Samuel di antara orang-orang yang menyerukan nama-Nya. Mereka berseru kepada TUHAN dan Ia menjawab mereka.
 7  Dalam tiang awan Ia berbicara kepada mereka; mereka telah berpegang pada peringatan-peringatan-Nya dan ketetapan yang diberikan-Nya kepada mereka.
 8  TUHAN, Allah kami, Engkau telah menjawab mereka, Engkau Allah yang mengampuni bagi mereka, tetapi yang membalas perbuatan-perbuatan mereka.
 9  Tinggikanlah TUHAN, Allah kita, dan sujudlah menyembah di hadapan gunung-Nya yang kudus! Sebab kuduslah TUHAN, Allah kita!


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar