(e-SH) 5 Agustus -- Filipi 2:12-18 - Cahaya

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 5 Agustus 2020
Ayat SH: Filipi 2:12-18

Judul: Cahaya

Cahaya diperlukan dalam gelap. Jika seseorang tersesat dalam gua yang gelap, sekecil apa pun cahaya pasti amat berguna. Cahaya itu akan memberi harapan dan menuntun orang tersebut keluar dari kegelapan. Di dunia ini banyak orang terjebak dalam kegelapan. Mereka membutuhkan cahaya yang menolong mereka keluar dari kegelapan itu.

Orang percaya dipanggil untuk menjadi cahaya bagi orang lain. Artinya, sama seperti cahaya yang berbeda (kontras) dari gelap, cara hidup kita mesti berbeda dari dunia. Selain menjadi orang baik, kita pun harus hidup dalam kebenaran dan kasih yang sesuai dengan firman Tuhan. Kita harus melakukannya dengan hati yang tulus serta tidak mencari pujian. Yesus mengatakan bahwa setiap orang yang percaya kepada-Nya adalah terang dunia (Mat. 5:14). Kebaikan dan ketaatan kita akan menyuarakan identitas itu dengan jelas. Hidup seperti inilah yang sanggup menjadi cahaya bagi dunia yang gelap. Cara hidup ini akan memberi pengharapan dan menuntun orang lain keluar dari gelap menuju terang Kristus yang ajaib.

Sesungguhnya, kalaupun itu semua bisa dilakukan, hal itu bukan karena usaha kita. Hanya anugerah Allah yang bisa menjadikan kita terang dunia. Banyak orang terjerat dalam kehidupan yang buruk. Mereka merasa sudah tidak ada jalan keluar. Mereka mungkin sudah putus asa dan berhenti berharap. Kepada orang-orang seperti inilah cahaya terang itu disampaikan. Kita tidak boleh mengabaikan mereka begitu saja. Justru kehadiran kita harus membawa secercah cahaya yang membangkitkan pengharapan. Semua hal itu karena anugerah Tuhan saja. Marilah kita merelakan diri agar dipakai-Nya sebagai suluh yang menerangi jalan dunia agar pada akhirnya banyak orang keluar dari dosa.

Di dalam Kristus, marilah kita menggunakan hidup kita sebagai alat Tuhan untuk menerangi dunia. Anugerah Tuhan merupakan panggilan bersyukur dan berbenah diri. Dengan ucapan syukur kita berbenah diri, sambil selalu tekun dalam meningkatkan kualitas iman kita kepada-Nya. [DSY]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/08/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Filipi+2:12-18
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Filipi+2:12-18

Filipi 2:12-18

12  Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,
13  karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.
14  Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,
15  supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,
16  sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.
17  Tetapi sekalipun darahku dicurahkan pada korban dan ibadah imanmu, aku bersukacita dan aku bersukacita dengan kamu sekalian.
18  Dan kamu juga harus bersukacita demikian dan bersukacitalah dengan aku.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar