(e-SH) 26 Agustus -- Kolose 1:24-2:5 - Dialah yang Kami Beritakan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 26 Agustus 2020
Ayat SH: Kolose 1:24-2:5

Judul: Dialah yang Kami Beritakan

"Dialah yang kami beritakan" (28). Demikianlah pengakuan Paulus kepada jemaat di Kolose. Pengakuan ini menjadi penting karena godaan terbesar pemberita Injil adalah memberitakan dirinya sendiri. Hal macam begini tidak mengarahkan para pendengar kepada Injil, tetapi kepada pemberita itu sendiri. Inilah yang membuat para pendengar malah tidak tertarik untuk memercayai Kristus. Mengapa? Karena kisah tentang Kristus tertutup dengan cerita pemberita Injil.

Bisa jadi maksud awalnya baik. Sang pemberita Injil hendak menegaskan bahwa Injil sungguh nyata mengubah hidupnya. Akan tetapi, kesaksian macam begini --jika tidak hati-hati --akan membuat para pendengar lebih berfokus pada pengalaman hidup pemberita Injil. Karena itu, pemberita Injil harus sungguh-sungguh menguji ajaran dan nasihatnya. Dia harus selalu bertanya dalam hati, "Siapa yang diberitakan? Siapa yang dimuliakan?"

Alasan Paulus adalah agar tiap-tiap orang dipimpin kepada kesempurnaan dalam Kristus (28). Paulus ingin para pendengarnya bisa menjadi pengikut Kristus yang dewasa secara rohani. Nah, kalau hanya kisah hidup pemberita Injil yang dibeberkan, bisa jadi para pendengarnya malah ingin mengalami kisah yang sama itu. Atau mungkin dia menjadi Kristen karena ingin mendapat pengalaman hidup yang sama. Bahayanya adalah pendengar tidak lagi menjadi pengikut Kristus, tetapi pengikut pekabar Injil itu. Inilah kegagalan terbesar dalam pekabaran Injil.

Sekali lagi, inilah godaan terbesar dari para pemberita Injil. Pertanyaannya sekarang: apakah menyelipkan kisah pribadi dalam pekabaran Injil salah. Tentu tak sepenuhnya salah selama dia tulus, tanpa pamrih, dalam menceritakan kisah hidupnya. Kalau kisah hidupnya bisa menolong orang lebih percaya kepada Kristus, maka lakukan saja. Namun, jika dia takut kalau-kalau pendengar malah lebih menyukai kisahnya ketimbang Injil itu sendiri, maka dia harus berhenti. Sebab tugas utama pemberita Injil membawa orang-orang kepada Injil Kristus.

Setiap orang Kristen dipanggil untuk memberitakan Injil. Karena itu, mari kita menerapkannya! [YMI]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/08/26/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kolose+1:24-2:5
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kolose+1:24-2:5

Kolose 1:24-2:5

24  Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.
25  Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
26  yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
27  Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
28  Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.
29  Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.
 1  Karena aku mau, supaya kamu tahu, betapa beratnya perjuangan yang kulakukan untuk kamu, dan untuk mereka yang di Laodikia dan untuk semuanya, yang belum mengenal aku pribadi,
 2  supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus,
 3  sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.
 4  Hal ini kukatakan, supaya jangan ada yang memperdayakan kamu dengan kata-kata yang indah.
 5  Sebab meskipun aku sendiri tidak ada di antara kamu, tetapi dalam roh aku bersama-sama dengan kamu dan aku melihat dengan sukacita tertib hidupmu dan keteguhan imanmu dalam Kristus.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar