(e-RH) 17 Juli -- Bilangan 14:1-11 - TAHU BERTERIMA KASIH

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 17 Juli 2020
Bacaan : Bilangan 14:1-11
Setahun: Mazmur 132-138
Nats: Bersungut-sungutlah semua orang Israel kepada Musa dan Harun; dan segenap umat itu berkata kepada mereka: "Ah, sekiranya kami mati di tanah Mesir...." (Bilangan 14:2)

Renungan:

TAHU BERTERIMA KASIH

Tony dan John memutuskan merawat seekor bayi singa. Seiring berjalannya waktu, singa semakin besar dan keadaan sudah tidak memungkinkan bagi mereka untuk terus merawatnya. Mereka memutuskan mengembalikan singa itu ke habitat aslinya, di hutan waktu ia ditemukan, dengan bantuan seorang ahli konservasi. Setahun kemudian, Tony dan John memutuskan untuk mengunjungi singa itu di hutan. Perjalanan reuni mereka difilmkan dalam film dokumenter berjudul Christian, The Lion at World's End. Mereka pun diingatkan untuk berhati-hati, karena kemungkinan besar singa itu tidak lagi mengenali mereka. Seperti yang direkam oleh kamera, singa itu berjalan mendekati mereka perlahan-lahan dan tiba-tiba singa itu melompat ke pelukan mereka sambil menciumi keduanya.

Melalui Musa dan Harun, Tuhan telah memimpin bangsa itu keluar dari penderitaan Mesir. Dibimbing-Nya mereka melewati berbagai rintangan padang gurun dan dipelihara-Nya mereka hingga tak pernah berkekurangan. Tapi apa balasan mereka? Mereka malah bersungut-sungut dan memberontak kepada Musa dan Harun. Sungguh sikap tidak tahu berterima kasih.

Bagaimana sikap kita terhadap mereka yang telah berbuat baik kepada kita? Meskipun mungkin kita tidak bisa membalas jasa mereka, misalnya kepada orang tua kita, setidaknya kita tetap bisa menunjukkan rasa terima kasih selayaknya orang-orang yang mengasihi Allah. Firman Tuhan menyatakan jika kita tidak mengasihi seseorang yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya (1Yoh. 4:20). Mari tunjukkan terima kasih kita kepada orang-orang yang layak menerimanya. --SYS/www.renunganharian.net

MESKI KITA TIDAK MAMPU MEMBALAS KEBAIKAN SESEORANG, TETAPLAH TUNJUKKAN RASA TERIMA KASIH KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/07/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/07/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Bilangan+14:1-11

Bilangan 14:1-11

 1  Lalu segenap umat itu mengeluarkan suara nyaring dan bangsa itu menangis pada malam itu.
 2  Bersungut-sungutlah semua orang Israel kepada Musa dan Harun; dan segenap umat itu berkata kepada mereka: "Ah, sekiranya kami mati di tanah Mesir, atau di padang gurun ini!
 3  Mengapakah TUHAN membawa kami ke negeri ini, supaya kami tewas oleh pedang, dan isteri serta anak-anak kami menjadi tawanan? Bukankah lebih baik kami pulang ke Mesir?"
 4  Dan mereka berkata seorang kepada yang lain: "Baiklah kita mengangkat seorang pemimpin, lalu pulang ke Mesir."
 5  Lalu sujudlah Musa dan Harun di depan mata seluruh jemaah Israel yang berkumpul di situ.
 6  Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya,
 7  dan berkata kepada segenap umat Israel: "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya.
 8  Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.
 9  Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."
10  Lalu segenap umat itu mengancam hendak melontari kedua orang itu dengan batu. Tetapi tampaklah kemuliaan TUHAN di Kemah Pertemuan kepada semua orang Israel.
11  TUHAN berfirman kepada Musa: "Berapa lama lagi bangsa ini menista Aku, dan berapa lama lagi mereka tidak mau percaya kepada-Ku, sekalipun sudah ada segala tanda mujizat yang Kulakukan di tengah-tengah mereka!

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+132-138
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+132-138

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar