(e-SH) 7 Juni -- 2 Korintus 4:16-5:10 - Hidup Adalah Kesempatan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 7 Juni 2020
Ayat SH: 2 Korintus 4:16-5:10

Judul: Hidup Adalah Kesempatan

Begitu banyak pengalaman hidup yang Allah izinkan terjadi dalam kehidupan kita. Bukan hanya peristiwa yang sesuai dengan keinginan hati, tetapi juga yang tidak kita harapkan. Suka duka kehidupan yang silih berganti memberi kita pengertian bahwa Allah terus membentuk kita menjadi seperti yang Dia inginkan.

Karena itu, tidak seharusnya kita tawar hati. Saat menjalani hidup di dunia, kita sedang menantikan rumah di surga. Walaupun mata jasmani kita tidak bisa melihat kapan penggenapan janji Allah akan kemuliaan surgawi, namun mata batiniah kita dapat menggapainya melalui iman. Itulah yang disebut pengharapan. Dalam pengharapan inilah kita mampu beriman teguh kepada-Nya.

Kemah kita di dunia ini adalah tubuh yang fana. Selama kita berada di dunia ini, ada banyak keluhan yang kita keluarkan (5:2, 4). Namun, kita terus perlu berjuang melawan sifat kedagingan tubuh ini. Tuhan telah menyediakan tempat kediaman yang kekal. Hanya saja, proses untuk mendapatkannya tidaklah secepat yang kita harapkan. Dalam menjalani proses pembaruan itu, ada penghiburan Allah yang nyata karena Ia menganugerahkan Roh-Nya bagi kita. Jika kita melihat pembentukan Allah dari setiap peristiwa yang kita alami, pada saat itulah kita sadar betapa berharganya pengalaman hidup yang beraneka warna.

Kelak kita akan mempertanggungjawabkan setiap tindakan kita di hadapan takhta pengadilan Kristus. Kita tidak tahu kapan waktunya, tetapi hal itu pasti akan terjadi pada waktu Ia datang untuk kedua kalinya. Bersiaplah dan berjagalah! Tugas kita adalah tetap melakukan hal yang diperkenan Tuhan. Allah yang Mahaadil akan memberikan apa yang patut kita terima sesuai dengan apa yang kita jalankan dalam hidup kita.

Mari kita menyadari bahwa hidup adalah kesempatan yang Allah berikan. Gunakanlah sebaik-baiknya supaya kita siap bagi kemuliaan nama-Nya. Kita perlu berterima kasih untuk setiap hal yang terjadi dalam hidup kita, dan bersyukur pada-Nya selagi masih mempunyai kesempatan. [KFT]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/06/07/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Korintus+4:16-5:10
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Korintus+4:16-5:10

2 Korintus 4:16-5:10

16  Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
17  Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.
18  Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.
 1  Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.
 2  Selama kita di dalam kemah ini, kita mengeluh, karena kita rindu mengenakan tempat kediaman sorgawi di atas tempat kediaman kita yang sekarang ini,
 3  sebab dengan demikian kita berpakaian dan tidak kedapatan telanjang.
 4  Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup.
 5  Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita.
 6  Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan,
 7  --sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat--
 8  tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan.
 9  Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.
10  Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar