(e-SH) 13 Juni -- 2 Korintus 8:16-24 - Standar Pelayanan yang Benar

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 13 Juni 2020
Ayat SH: 2 Korintus 8:16-24

Judul: Standar Pelayanan yang Benar

Kegiatan pelayanan kristiani dapat dikatakan berkembang dengan pesat. Banyak kegiatan kekristenan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga Kristen dan hampir semuanya menawarkan "keunggulan" masing-masing. Timbul kesan bahwa jemaat akan untung jika memilih ini dan rugi jika memilih itu. Janganlah kita membungkus kepentingan tak terpuji seperti ini dengan kedok "memberi" yang terbaik kepada Tuhan.

Di sini Paulus menegaskan beberapa hal penting yang berkenaan dengan pelayanan para pelayan Tuhan. Paulus melihat bahwa hal yang sangat penting dan mendasar yang harus dimiliki pelayan Tuhan adalah kesungguhan hati (16-19). Kesungguhan hati ini memampukan pelayan Tuhan untuk siap ditempatkan di mana saja dan dalam situasi apa pun. Untuk itu, selayaknyalah mereka dipuji dan dihargai atas apa yang mereka lakukan untuk kemuliaan nama Tuhan Yesus. Akan tetapi, Paulus juga menyadari bahwa akan ada orang-orang yang berusaha dengan cara apa pun menjatuhkan pelayanan yang dilakukannya. Sebab itu, Paulus mengingatkan agar para pelayan menjaga sikap dan menghindarkan diri dari perilaku menyimpang. Jangan sampai mereka memberi kesempatan untuk orang jahat mencela pelayanan mereka di tengah jemaat (20-21).

Kedekatan Paulus dengan rekan sepelayanan dan jemaat yang dilayaninya memunculkan standar pelayanan dan kerohanian yang benar. Standar itu adalah adanya rasa syukur kepada Tuhan atas anugerah keselamatan dari-Nya; dari rasa syukur ini akan timbul semangat untuk melayani-Nya dengan sepenuh hati.

Jika kita menyaksikan perkembangan banyak pelayanan, bersikaplah bijaksana. Miliki pemahaman yang benar tentang Tuhan Yesus dan berimanlah kepada-Nya dengan sungguh-sungguh. Sikap ini akan menghindarkan kita dari keinginan untuk mencela tindakan pelayan lainnya. Dengan demikian, kita menutup celah untuk kita sendiri dicela dan dikecam. Milikilah dan pertahankanlah kesungguhan hati dalam melayani Tuhan di mana pun kita berada. [RTS]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/06/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Korintus+8:16-24
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Korintus+8:16-24

2 Korintus 8:16-24

16  Syukur kepada Allah, yang oleh karena kamu mengaruniakan kesungguhan yang demikian juga dalam hati Titus untuk membantu kamu.
17  Memang ia menyambut anjuran kami, tetapi dalam kesungguhannya yang besar itu ia dengan sukarela pergi kepada kamu.
18  Bersama-sama dengan dia kami mengutus saudara kita, yang terpuji di semua jemaat karena pekerjaannya dalam pemberitaan Injil.
19  Dan bukan itu saja! Ia juga telah ditunjuk oleh jemaat-jemaat untuk menemani kami dalam pelayanan kasih ini, yang kami lakukan untuk kemuliaan Tuhan dan sebagai bukti kerelaan kami.
20  Sebab kami hendak menghindarkan hal ini: bahwa ada orang yang dapat mencela kami dalam hal pelayanan kasih yang kami lakukan dan yang hasilnya sebesar ini.
21  Karena kami memikirkan yang baik, bukan hanya di hadapan Tuhan, tetapi juga di hadapan manusia.
22  Bersama-sama dengan mereka kami utus seorang lain lagi, yakni saudara kita, yang telah beberapa kali kami uji dan ternyata selalu berusaha untuk membantu. Dan sekarang ia makin berusaha karena besarnya kepercayaannya kepada kamu.
23  Titus adalah temanku yang bekerja bersama-sama dengan aku untuk kamu; saudara-saudara kami yang lain itu adalah utusan jemaat-jemaat dan suatu kemuliaan bagi Kristus.
24  Karena itu tunjukkanlah kepada mereka di hadapan jemaat-jemaat bukti kasihmu dan bukti kemegahanku atas kamu.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar