(e-RH) 8 Juni -- Ezra 1:1-11 - TUHAN MENGGERAKKAN

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 8 Juni 2020
Bacaan : Ezra 1:1-11
Setahun: Nehemia 7-8
Nats: ... TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia.... (Ezra 1:1)

Renungan:

TUHAN MENGGERAKKAN

Setelah tujuh puluh tahun kerajaan Yehuda (Israel selatan) jatuh di tangan Nebukadnezar dan dibawa ke pembuangan di Babel, sesuai nubuat nabi Yeremia (Yer. 29:10-14), Tuhan memperhatikan dan memulangkan mereka kembali ke tempat asalnya. Tuhan yang setia, menepati janji-Nya. Dia bertindak dengan kekuatan-Nya untuk menggerakkan hati berbagai pihak demi pemulihan umat-Nya dan pembangunan rumah Tuhan.

Dalam hal ini, setidaknya ada empat pihak yang digerakkan hatinya oleh Tuhan. Koresh, raja Persia, sebagai pemimpin di awal pemerintahannya, untuk mendirikan rumah bagi Tuhan di Yerusalem, dan mengijinkan umat-Nya pulang untuk membangun. Penduduk setempat untuk menopang umat-Nya yang tinggal tetap dan tidak pulang. Umat-Nya yang akan berangkat pulang mendirikan rumah Tuhan. Dan orang di sekeliling mereka yang akan pulang untuk memberikan pemberian-pemberian, seperti emas, perak, ternak, dan pemberian lainnya. Tuhan sendirilah Pribadi yang membuat janji-Nya digenapi. Dia yang berinisiatif dan bekerja pada tiap-tiap orang yang dikehendaki-Nya.

Ada banyak masalah di dalam bangsa kita yang belum terselesaikan, seperti: pemerataan ekonomi, perbaikan sistem dan kualitas pendidikan, pemerintahan yang bersih, dan lainnya. Ketika sepertinya belum ada jalan keluar, sesungguhnya Dia turut campur tangan. Dia dapat menggerakkan orang-orang yang diperkenan-Nya menjadi alat-Nya. Marilah membuka hati kita untuk bersedia Tuhan gerakkan, mau taat, dan mengambil bagian untuk mengerjakan pembangunan bangsa kita di berbagai bidang. --ANT/www.renunganharian.net
   
KETIKA TUHAN MENGGERAKKAN KITA UNTUK PEKERJAAN-NYA, BIARLAH KITA TAAT PADA KEHENDAK-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/06/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/06/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Ezra+1:1-11

Ezra 1:1-11

 1  Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini:
 2  "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda.
 3  Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, Allahnya menyertainya! Biarlah ia berangkat pulang ke Yerusalem, yang terletak di Yehuda, dan mendirikan rumah TUHAN. Allah Israel, yakni Allah yang diam di Yerusalem.
 4  Dan setiap orang yang tertinggal, di manapun ia ada sebagai pendatang, harus disokong oleh penduduk setempat dengan perak dan emas, harta benda dan ternak, di samping persembahan sukarela bagi rumah Allah yang ada di Yerusalem."
 5  Maka berkemaslah kepala-kepala kaum keluarga orang Yehuda dan orang Benyamin, serta para imam dan orang-orang Lewi, yakni setiap orang yang hatinya digerakkan Allah untuk berangkat pulang dan mendirikan rumah TUHAN yang ada di Yerusalem.
 6  Dan segala orang di sekeliling mereka membantu mereka dengan barang-barang perak, dengan emas, harta benda dan ternak dan dengan pemberian yang indah-indah, selain dari segala sesuatu yang dipersembahkan dengan sukarela.
 7  Pula raja Koresh menyuruh mengeluarkan perlengkapan rumah TUHAN yang telah diangkut Nebukadnezar dari Yerusalem dan yang ditaruhnya di dalam kuil allahnya.
 8  Koresh, raja Persia itu, menyuruh mengeluarkan semuanya itu di bawah pengawasan Mitredat, bendahara raja, yang menghitung seluruhnya bagi Sesbazar, pembesar di Yehuda.
 9  Inilah daftarnya: tiga puluh bokor emas, seribu bokor perak, dua puluh sembilan pisau,
10  tiga puluh piala emas, pula empat ratus sepuluh piala perak, seribu buah barang-barang lain.
11  Barang-barang emas dan perak itu seluruhnya berjumlah lima ribu empat ratus. Semuanya itu dibawa oleh Sesbazar sewaktu orang-orang buangan itu dibawa pulang dari negeri Babel ke Yerusalem.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Nehemia+7-8
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Nehemia+7-8

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar