(e-RH) 3 Juni -- Yohanes 8:1-11 - PENERIMAAN YANG MELEGAKAN

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 3 Juni 2020
Bacaan : Yohanes 8:1-11
Setahun: Ezra 6-7
Nats: Jawabnya, "Tidak ada, Tuan." Lalu kata Yesus, "Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan mulai sekarang, jangan berbuat dosa lagi." (Yohanes 8:11)

Renungan:

PENERIMAAN YANG MELEGAKAN

John, seorang teman lama, bercerita bahwa hidupnya kini dalam kesusahan. Semua hasil kerjanya ludes usai dirinya menganggur pasca didiagnosa terkena penyakit yang serius. Dalam kondisi begitu, John mengaku bahwa ia sudah lama tidak bergereja. Ia juga merasa dirinya telah berbuat dosa yang luar biasa, sehingga Tuhan marah dan menghukumnya. Saya pun mencoba menasihati dengan berkata: "Tuhan tetap mau menerima kita, bahkan dalam kondisi yang terburuk sekalipun. Ayo, kembali kepada Tuhan dan beribadah lagi."

Dalam kondisi terpuruk, seseorang biasanya tak membutuhkan penghakiman atau tudingan. Ia hanya perlu didengar seraya berharap mendapat kata-kata penguat, sehingga iman dan pengharapannya kembali bangkit. Begitu pula yang dialami oleh wanita yang kedapatan berzina. Ia tahu perbuatannya salah, bahkan ia menyadari konsekuensi dan hukuman atas kesalahannya. Namun, Yesus menjawab kebutuhan sesungguhnya dari wanita itu akan pengampunan. Jiwanya tentu merasakan kelegaan luar biasa saat mendengar bahwa Yesus tidak menghukumnya. Penerimaan yang membuat nasihat berikutnya menjadi lebih mudah diterima-Yesus menyuruh perempuan itu tidak lagi berbuat dosa.

Bagaimana dengan kecenderungan kita dalam merespons kesalahan orang lain? Apakah kita dengan mudahnya menuding dan menghakimi, atau dapat melihat kesempatan untuk menyatakan kasih Tuhan kepada mereka yang bersalah? Semuanya berpulang kepada kita. Yesus telah meneladankan, kini kitalah yang diharapkan dapat mengikuti jejak-Nya. --GHJ/www.renunganharian.net
   
KETIKA PENGHAKIMAN LEBIH DAHULU MAJU, MAKA KASIH DAN PENGAMPUNAN MENJADI SUKAR UNTUK DIRASAKAN OLEH ORANG LAIN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/06/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/06/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yohanes+8:1-11

Yohanes 8:1-11

 1  tetapi Yesus pergi ke bukit Zaitun.
 2  Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka.
 3  Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah.
 4  Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah.
 5  Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?"
 6  Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah.
 7  Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."
 8  Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah.
 9  Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
10  Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
11  Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Ezra+6-7
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Ezra+6-7

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar