(e-SH) 30 April -- Bilangan 11:31-35 - Tuhan adalah Hakim yang Agung

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 30 April 2020
Ayat SH: Bilangan 11:31-35

Judul: Tuhan adalah Hakim yang Agung

Pada saatnya, setiap orang akan menghadapi kematian. Kematian bukan sekadar perihal purna tugas kita dari dunia. Akan tetapi, kematian juga berbicara tentang menghadap takhta pengadilan Allah (lih. 2Kor. 5:10).

Tuhan adalah hakim yang Adil dan Agung. Ia menghakimi setiap manusia sesuai dengan hukum-Nya. Bangsa Israel, yang menjadi rakus, mengabaikan fakta ini. Ketika Tuhan memberikan daging burung puyuh, mereka segera mengumpulkannya. Sepertinya, mereka lupa mengucapkan syukur atau berterima kasih kepada-Nya. Oleh sebab itu, bangkitlah murka Allah atas mereka. Allah mengirimkan tulah yang berat, yaitu tulah yang membawa kematian (31-34).

Latar belakang nas kita datang dari berbagai peristiwa: sungut-sungut bangsa Israel kepada Tuhan (Bil. 11:1-3), kemudian diikuti keluhan bangsa Israel (4-6). Akhirnya, Musa bersyafaat bagi bangsa Israel (10-15). Maka Allah menganugerahkan Roh-Nya atas 70 tua-tua (termasuk Eldad dan Medad). Setelah itu, Ia memberikan daging kepada bangsa Israel. Rangkaian peristiwa ini mengingatkan kita bahwa Allah memberikan yang baik kepada umat-Nya, yaitu hal-hal yang kudus dan diperkenan-Nya. Allah menyatakan diri sebagai Hakim yang Adil dan Agung. Ia tidak dapat dimanipulasi oleh keculasan dan kebobrokan manusia. Allah sanggup menyibakkan isi hati manusia. Ia berkuasa membongkar niat jahat manusia berdosa. Setiap umat Allah dipanggil untuk terus bersandar dan berharap kepada-Nya agar keadilan-Nya senantiasa hadir dalam hidup umat-Nya.

Mari kita bersyukur karena Allah senantiasa hadir dalam setiap pergumulan hidup kita, dalam permasalahan yang harus kita selesaikan, dan dalam segala keluh kesah yang kita lontarkan kepada-Nya. Dengan demikian, kita bisa berdiri tegak dalam keadilan-Nya.

Ucapan syukur yang tulus dan sepenuh hati kepada Tuhan atas segala perbuatan adil yang telah dilakukan-Nya bagi kita, dan pengakuan bahwa Dialah Hakim kita yang Agung, harus senantiasa keluar dari hati kita yang terdalam. [IBS

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/04/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Bilangan+11:31-35
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Bilangan+11:31-35

Bilangan 11:31-35

31  Lalu bertiuplah angin yang dari TUHAN asalnya; dibawanyalah burung-burung puyuh dari sebelah laut, dan dihamburkannya ke atas tempat perkemahan dan di sekelilingnya, kira-kira sehari perjalanan jauhnya ke segala penjuru, dan kira-kira dua hasta tingginya dari atas muka bumi.
32  Lalu sepanjang hari dan sepanjang malam itu dan sepanjang hari esoknya bangkitlah bangsa itu mengumpulkan burung-burung puyuh itu--setiap orang sedikit-dikitnya mengumpulkan sepuluh homer--,kemudian mereka menyebarkannya lebar-lebar sekeliling tempat perkemahan.
33  Selagi daging itu ada di mulut mereka, sebelum dikunyah, maka bangkitlah murka TUHAN terhadap bangsa itu dan TUHAN memukul bangsa itu dengan suatu tulah yang sangat besar.
34  Sebab itu dinamailah tempat itu Kibrot-Taawa, karena di sanalah dikuburkan orang-orang yang bernafsu rakus.
35  Dari Kibrot-Taawa berangkatlah bangsa itu ke Hazerot dan mereka tinggal di situ.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar