(e-SH) 12 April -- Lukas 23:56-24:12 - Percaya Kuasa Kebangkitan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 12 April 2020
Ayat SH: Lukas 23:56-24:12

Judul: Percaya Kuasa Kebangkitan

Ketika mengakhiri hidup-Nya, Yesus berkata: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku" (23:46). Hal ini menunjukkan bahwa Ia mati bukan karena kalah oleh maut. Kematian-Nya adalah sebuah kemuliaan. Sebab, Ia dengan sukarela menyerahkan diri-Nya masuk ke dunia orang mati.

Hari ini, firman Tuhan menceritakan tentang kelanjutan kisah kemuliaan itu. Pagi-pagi benar setelah hari Sabat, para perempuan pengikut Yesus pergi ke kuburan untuk merempahi-Nya (24:1). Dalam sekejap, mereka kebingungan. Pasalnya, batu penutup kubur telah terguling. Lebih gawat, tubuh Yesus sudah tidak ada di sana (2-3). Dalam hati, mereka mungkin bertanya-tanya apa gerangan yang sedang terjadi?

Kemudian, dua orang dengan pakaian berkilauan (malaikat) datang. Mereka memberitahukan bahwa Yesus telah bangkit dari kematian. Artinya, hal yang sudah disampaikan-Nya jauh hari sebelumnya telah tergenapi (4-7).

Ketika akhirnya mereka ingat dan tersadar akan hal itu, segeralah mereka memberi tahu para murid dan pengikut yang lain. Para murid tidak memercayai mereka (11). Namun, Petrus memutuskan untuk mendatangi kubur Yesus. Memang, ia mendapati kubur telah kosong dan menjadi heran melihat kenyataan itu (12).

Peristiwa Paskah menunjukkan bahwa tidak ada kuasa yang melebihi kuasa Allah. Batu yang terguling menjadi simbol bahwa kuasa-Nya berhasil menggulingkan segala kuasa lain. Kubur Yesus telah kosong karena Ia telah bangkit. Yesus yang bangkit hendak tinggal dan berdiam dalam hati dan hidup kita. Karena itu, buka dan gulingkanlah batu besar keegoisan dan kebebalan yang menutupi pintu hati kita.

Mohonkanlah ini semua kepada-Nya agar kita tidak menjadi seperti murid-murid yang tidak percaya akan kuasa kebangkitan-Nya. Yesus sudah bangkit dan kuasa kebangkitan-Nya sudah menyelamatkan kita. Karena itu, marilah kita membiarkan batu besar kebebalan yang menghalangi hati kita untuk datang kepada Tuhan, juga digulingkan. Selamat Paskah! [YWA]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/04/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+23:56-24:12
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+23:56-24:12

Lukas 23:56-24:12

56  Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. (23-56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,
 1  tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.
 2  Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu,
 3  dan setelah masuk mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus.
 4  Sementara mereka berdiri termangu-mangu karena hal itu, tiba-tiba ada dua orang berdiri dekat mereka memakai pakaian yang berkilau-kilauan.
 5  Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?
 6  Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea,
 7  yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga."
 8  Maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu.
 9  Dan setelah mereka kembali dari kubur, mereka menceriterakan semuanya itu kepada kesebelas murid dan kepada semua saudara yang lain.
10  Perempuan-perempuan itu ialah Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Dan perempuan-perempuan lain juga yang bersama-sama dengan mereka memberitahukannya kepada rasul-rasul.
11  Tetapi bagi mereka perkataan-perkataan itu seakan-akan omong kosong dan mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu.
12  Sungguhpun demikian Petrus bangun, lalu cepat-cepat pergi ke kubur itu. Ketika ia menjenguk ke dalam, ia melihat hanya kain kapan saja. Lalu ia pergi, dan ia bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar