(e-SH) 3 Maret -- Lukas 17:20-37 - Persiapkan Dirimu!

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 3 Maret 2020
Ayat SH: Lukas 17:20-37

Judul: Persiapkan Dirimu!

Bilamanakah Kerajaan Allah datang? Pertanyaan ini mungkin sering tebersit di benak kita yang tengah menantikannya.

Orang Farisi juga menanyakan hal yang sama. Mereka menyimpulkan sendiri dengan menganggap Kerajaan Allah datang dengan tanda-tanda lahiriah. Mereka hanya melihat apa yang biasanya terlihat oleh mata jasmani. Akibatnya, pemahaman mereka tentang Kerajaan Allah pun menjadi salah.

Kesalahan itu sudah terlihat dari cara mereka merespons kelahiran Yesus. Raja Herodes, misalnya, mengira Yesus akan menjadi raja untuk menggantikannya. Ia merasa posisinya terancam. Akibatnya, ia memerintahkan agar semua anak berumur dua tahun, di Betlehem dan sekitarnya, dibunuh.

Yesus menjawab bahwa Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah (20). Sebab, kerajaan-Nya bukan dari dunia ini (Yoh. 18:36). Dan kata-Nya lagi, "Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu" (21). Yesus menyatakan bahwa Kerajaan Allah itu sudah ada dan hanya perlu dikenali.

Akan tetapi, banyak orang tidak mau mengenali Kerajaan Allah. Mereka melupakan ajaran Yesus. Seperti orang-orang pada zaman Nuh yang binasa karena air bah, mereka sibuk dengan urusannya masing-masing. Yesus juga menyamakan mereka dengan masyarakat di zaman Lot yang gemar melakukan hal jahat di mata Tuhan. Akibatnya, mereka binasa karena tidak mempersiapkan diri. Mereka malah sibuk dengan hal duniawi dan menyimpang dari ajaran Tuhan.

Lalu bagaimana dengan kita? Apakah hal-hal duniawi lebih memikat kita daripada pengharapan akan kedatangan Yesus kembali? Sebenarnya, tidak salah jika kita masih membutuhkan hal-hal duniawi. Pasalnya, kita masih hidup di dunia ini. Persoalannya, jangan sampai kita menjadi hamba dunia ini. Sebaliknya, marilah kita menjadi murid yang bijaksana sehingga mempersiapkan diri menyambut kedatangan-Nya.

Hendaklah kita memohon pimpinan Tuhan agar kita mampu hidup benar di dalam Dia. [SLM]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/03/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+17:20-37
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+17:20-37

Lukas 17:20-37

20  Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: "Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah,
21  juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu."
22  Dan Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Akan datang waktunya kamu ingin melihat satu dari pada hari-hari Anak Manusia itu dan kamu tidak akan melihatnya.
23  Dan orang akan berkata kepadamu: Lihat, ia ada di sana; lihat, ia ada di sini! Jangan kamu pergi ke situ, jangan kamu ikut.
24  Sebab sama seperti kilat memancar dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain, demikian pulalah kelak halnya Anak Manusia pada hari kedatangan-Nya.
25  Tetapi Ia harus menanggung banyak penderitaan dahulu dan ditolak oleh angkatan ini.
26  Dan sama seperti terjadi pada zaman Nuh, demikian pulalah halnya kelak pada hari-hari Anak Manusia:
27  mereka makan dan minum, mereka kawin dan dikawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, lalu datanglah air bah dan membinasakan mereka semua.
28  Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun.
29  Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua.
30  Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya.
31  Barangsiapa pada hari itu sedang di peranginan di atas rumah dan barang-barangnya ada di dalam rumah, janganlah ia turun untuk mengambilnya, dan demikian juga orang yang sedang di ladang, janganlah ia kembali.
32  Ingatlah akan isteri Lot!
33  Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya.
34  Aku berkata kepadamu: Pada malam itu ada dua orang di atas satu tempat tidur, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.
35  Ada dua orang perempuan bersama-sama mengilang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan."
36  (Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.)
37  Kata mereka kepada Yesus: "Di mana, Tuhan?" Kata-Nya kepada mereka: "Di mana ada mayat, di situ berkerumun burung nasar."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab


0 komentar:

Posting Komentar