(e-SH) 24 Maret -- Lukas 21:20-24 - Keadilan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 24 Maret 2020
Ayat SH: Lukas 21:20-24

Judul: Keadilan

Keselamatan dan tegaknya keadilan adalah penantian orang benar yang mengalami tekanan dan ketidakadilan. Orang-orang ini mengharapkan sebuah masa ketika orang jahat dihakimi dan dihukum sesuai perbuatannya.

Tema penghakiman atau penghukuman Allah atas kefasikan terus berkumandang dalam Alkitab. Allah tidak akan mendiamkan penolakan umat-Nya akan Mesias dan penganiayaan kepada pengikut Kristus (12-19). Kehancuran Yerusalem akan segera tiba (20). Ini adalah hari pembalasan dan penggenapan penghakiman Allah (22-24). Israel, yang seharusnya menjadi instrumen keselamatan bagi bangsa-bangsa, dimurnikan oleh Allah melalui penghakiman. Israel hancur karena tidak setia memelihara perjanjian (hidup dalam ketidakadilan). Puncaknya, mereka menolak Mesias, yaitu Yesus Kristus.

Pengikut Kristus adalah Remnant of Israel-yang tersisa dan setia. Yahwe akan memakai mereka untuk menggantikan Israel (negara) menjadi berkat atau terang bagi bangsa-bangsa. Tidak hanya itu, ini juga merupakan tanda masuknya sebuah era baru, yaitu gentiles (orang di luar Yahudi) dalam sejarah keselamatan Allah.

Allah tidak menyukai kefasikan/ketidakadilan. Sekalipun pelakunya adalah umat-Nya, Ia tetap tidak suka. Oleh karena itu, Allah tetap akan bertindak adil terhadap ketidakadilan. Penghakiman akan dilakukan dan kebenaran akan ditegakkan-Nya. Penghakiman merupakan cara Allah memurnikan umat-Nya. Allah memisahkan antara kebenaran dan kefasikan; kebaikan dan kejahatan; keadilan dan kelaliman.

Sebagai orang percaya, kita pun rentan berbuat tidak adil. Ketidakadilan juga terjadi dalam gereja, keluarga, bisnis, dan pertemanan. Ada saja orang atau kelompok yang ditindas, dirugikan, disakiti, disingkirkan, dan dilupakan. Kita, sebagai orang percaya, perlu mengembangkan kepekaan akan hal ini. Kita harus berani menyuarakan serta mengusahakan agar keadilan berdiri tegak. Untuk itu, kita juga perlu memohon kepada Tuhan untuk memampukan kita terus-menerus berlaku adil kepada siapa pun. [JHN]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/03/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+21:20-24
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+21:20-24

Lukas 21:20-24

20  "Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat.
21  Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota,
22  sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis.
23  Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini,
24  dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab



0 komentar:

Posting Komentar