(e-SH) 26 Februari -- 2 Samuel 23:1-7 - Adil untuk Sesama dan Taat kepada Allah

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 26 Februari 2020
Ayat SH: 2 Samuel 23:1-7

Judul: Adil untuk Sesama dan Taat kepada Allah

Daud adalah figur raja yang dikagumi bangsa Israel yang menegakkan kedamaian dan kemakmuran bagi bangsanya. Bahkan, Israel selalu ingin mengulang kembali dan menikmati masa kejayaan itu.

Keberhasilan Daud itu bersumber dari Allah yang mengangkat dan mengurapinya (1). Daud mengingat bahwa keselamatannya adalah pemberian Allah. Daud pun sadar bahwa janji tentang keturunan yang akan datang pun adalah anugerah-Nya (5). Dalam perkataan terakhirnya ini, Daud mengingat kembali firman Tuhan yang ditegaskan kepadanya tentang bagaimana seharusnya seorang pemimpin dalam berkuasa dan bertindak, yaitu adil terhadap sesama manusia dan memimpin dengan takut akan Allah (3). Memimpin dengan cara demikian akan menempatkannya menjadi pribadi pemimpin yang dapat membawa kedamaian dan pengharapan (4).

Dalam nas ini, Allah mengingatkan Daud tentang bagaimana ia harus hidup dan memerintah bangsanya. Sebagai umat-Nya, sikap adil terhadap sesama dan taat kepada Allah merupakan bagian yang melekat dalam diri setiap orang percaya, walaupun kita tidak memiliki jabatan tinggi dan terhormat.

Sesungguhnya, Tuhan memberikan kepercayaan untuk memimpin bagi setiap orang, baik dalam lingkup kecil seperti keluarga, di tempat pelayanan, masyarakat atau jabatan dalam karir dan usaha. Artinya, kita semua dituntut hidup dengan adil ke bawah (sesama) dan taat ke atas (Allah). Ini adalah dua hal yang diminta Allah kepada Daud untuk dijalankan.

Melihat situasi di sekitar kita, maka seluruh lapisan masyarakat membutuhkan figur pemimpin dan pribadi yang adil dan taat. Mari kita memaknainya dan memiliki sikap adil dan taat dengan mewujudkannya dalam keseharian. Tujuannya supaya kita dapat terlibat dalam mendidik putra-putri dan orang di sekitar kita, untuk menghayati "adil ke bawah dan taat ke atas". Di sini, makna serta fungsi sebagai garam dan terang dapat hadir di tengah masyarakat kita.

Doa: Tolong kami berlaku adil terhadap sesama dan taat kepada Allah dengan hati yang murni dan bersih. [MKD]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/02/26/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Samuel+23:1-7
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Samuel+23:1-7

2 Samuel 23:1-7

 1  Inilah perkataan Daud yang terakhir: "Tutur kata Daud bin Isai dan tutur kata orang yang diangkat tinggi, orang yang diurapi Allah Yakub, pemazmur yang disenangi di Israel:
 2  Roh TUHAN berbicara dengan perantaraanku, firman-Nya ada di lidahku;
 3  Allah Israel berfirman, gunung batu Israel berkata kepadaku: Apabila seorang memerintah manusia dengan adil, memerintah dengan takut akan Allah,
 4  ia bersinar seperti fajar di waktu pagi, pagi yang tidak berawan, yang sesudah hujan membuat berkilauan rumput muda di tanah.
 5  Bukankah seperti itu keluargaku di hadapan Allah? Sebab Ia menegakkan bagiku suatu perjanjian kekal, teratur dalam segala-galanya dan terjamin. Sebab segala keselamatanku dan segala kesukaanku bukankah Dia yang menumbuhkannya?
 6  Tetapi orang-orang yang dursila mereka semuanya seperti duri yang dihamburkan; sesungguhnya, mereka tidak terpegang oleh tangan:
 7  tidak ada orang yang dapat mengusik mereka, kecuali dengan sebatang besi atau gagang tombak, dan dengan api mereka dibakar habis!"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar