(e-SH) 15 Februari -- Baca Gali Alkitab

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Baca Gali Alkitab

2 Samuel 16:1-14

Hati lebih licik dari segala sesuatu, kata Nabi Yeremia (Yer. 17:9). Manusia suka memanipulasi keadaan untuk kepentingan pribadi. Ia tidak akan peduli bahwa hal itu merugikan orang lain. Jika ada kesempatan, meski itu salah, terlalu sayang untuk dilewatkan.

Daud pun dimanfaatkan di kala mengalami kesulitan. Dalam keterpurukan Daud, Allah mengizinkan hal itu terjadi untuk membukakan siapa sesungguhnya orang-orang di sekitarnya. Sering kali hal seperti ini diizinkan Tuhan untuk terjadi, meskipun menyakitkan, demi rancangan besar yang sudah dipersiapkan-Nya di depan. Jika direspons dengan benar, maka hal yang menakjubkan bisa segera terjadi. Ziba salah, Simei pun sama salahnya. Tetapi di atas semua itu, ada rencana Allah yang besar bagi Daud dan bagi sejarah keselamatan yang sudah dirancangkan-Nya.

Apa saja yang Anda baca?
1. Apa yang dilakukan Ziba bagi Daud (1-2)?
2. Apa yang dikatakan Ziba tentang Mefiboset (3)?
3. Apa yang dikatakan Daud sebagai respons kepada Ziba (4)?
4. Apa yang dilakukan Simei kepada Daud (5-8)?
5. Bagaimana Daud merespons semua perlakuan Simei (9-14)?

Apa pesan yang Allah sampaikan kepada Anda?
1. Apakah Anda pernah terpuruk dan kemudian justru dihina lebih dalam? Bagaimana Anda merespons semua itu?
2. Apakah Anda dapat merespons dengan benar semua manipulasi, trik, tipuan dan hinaan terhadap Anda?

Apa respons Anda?
1. Apakah Anda sudah mendoakan musuh Anda?
2. Apakah Anda masih memiliki dendam dan kepahitan terhadap mereka yang menghina Anda pada masa-masa sulit?

Pokok Doa:
Berdoa supaya hati ini diberi hikmat dan kasih untuk merespons dengan benar segala yang terjadi.

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/02/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Samuel+16:1-14
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Samuel+16:1-14

2 Samuel 16:1-14

 1  Ketika Daud baru saja melewati puncak, datanglah Ziba, hamba Mefiboset, mendapatkan dia membawa sepasang keledai yang berpelana, dengan muatan dua ratus ketul roti, seratus buah kue kismis, seratus buah-buahan musim panas dan sebuyung anggur.
 2  Lalu bertanyalah raja kepada Ziba: "Apakah maksudmu dengan semuanya ini?" Jawab Ziba: "Keledai-keledai ini bagi keluarga raja untuk ditunggangi; roti dan buah-buahan ini bagi orang-orangmu untuk dimakan; dan anggur ini untuk diminum di padang gurun oleh orang-orang yang sudah lelah."
 3  Kemudian bertanyalah raja: "Di manakah anak tuanmu?" Jawab Ziba kepada raja: "Ia ada di Yerusalem, sebab katanya: Pada hari ini kaum Israel akan mengembalikan kepadaku kerajaan ayahku."
 4  Lalu berkatalah raja kepada Ziba: "Kalau begitu, kepunyaanmulah segala kepunyaan Mefiboset." Kata Ziba: "Aku tunduk! Biarlah kiranya aku tetap mendapat kasih di matamu, ya tuanku raja."
 5  Ketika raja Daud telah sampai ke Bahurim, keluarlah dari sana seorang dari kaum keluarga Saul; ia bernama Simei bin Gera. Sambil mendekati raja, ia terus-menerus mengutuk.
 6  Daud dan semua pegawai raja Daud dilemparinya dengan batu, walaupun segenap tentara dan semua pahlawan berjalan di kiri kanannya.
 7  Beginilah perkataan Simei pada waktu ia mengutuk: "Enyahlah, enyahlah, engkau penumpah darah, orang dursila!
 8  TUHAN telah membalas kepadamu segala darah keluarga Saul, yang engkau gantikan menjadi raja, TUHAN telah menyerahkan kedudukan raja kepada anakmu Absalom. Sesungguhnya, engkau sekarang dirundung malang, karena engkau seorang penumpah darah."
 9  Lalu berkatalah Abisai, anak Zeruya, kepada raja: "Mengapa anjing mati ini mengutuki tuanku raja? Izinkanlah aku menyeberang dan memenggal kepalanya."
10  Tetapi kata raja: "Apakah urusanku dengan kamu, hai anak-anak Zeruya? Biarlah ia mengutuk! Sebab apabila TUHAN berfirman kepadanya: Kutukilah Daud, siapakah yang akan bertanya: mengapa engkau berbuat demikian?"
11  Pula kata Daud kepada Abisai dan kepada semua pegawainya: "Sedangkan anak kandungku ingin mencabut nyawaku, terlebih lagi sekarang orang Benyamin ini! Biarkanlah dia dan biarlah ia mengutuk, sebab TUHAN yang telah berfirman kepadanya demikian.
12  Mungkin TUHAN akan memperhatikan kesengsaraanku ini dan TUHAN membalas yang baik kepadaku sebagai ganti kutuk orang itu pada hari ini."
13  Demikianlah Daud melanjutkan perjalanannya dengan orang-orangnya, sedang Simei berjalan terus di lereng gunung bertentangan dengan dia dan sambil berjalan ia mengutuk, melemparinya dengan batu dan menimbulkan debu.
14  Dengan lelah sampailah raja dan seluruh rakyat yang ada bersama-sama dengan dia ke Yordan, lalu mereka beristirahat di sana.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar