(e-SH) 31 Januari -- 2 Samuel 5:11-25 - Memperhatikan Kehendak Tuhan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 31 Januari 2020
Ayat SH: 2 Samuel 5:11-25

Judul: Memperhatikan Kehendak Tuhan

Ketika mendapat kesuksesan, kebanyakan pemimpin akan mengeklaim hal itu sebagai hasil usahanya. Keberhasilan yang dicapai anak buah atau rakyat yang dipimpinnya pun akan diakui sebagai keberhasilannya. Karena itu, patut diteladani bila ada pemimpin yang mengakui bahwa kesuksesannya adalah pemberian Tuhan.

Kekuasaan Daud semakin besar, kerajaannya semakin kuat, bahkan menerima pengakuan dan penghormatan dari luar negeri. Seiring dengan itu, Daud semakin yakin bahwa Tuhan telah mengukuhkannya sebagai raja atas Israel dan telah mengangkat martabat pemerintahannya (5:11-12).

Setelah segenap bangsa Israel dipersatukan di bawah kekuasaan Daud, bangsa Filistin tidak menganggap Daud sebagai pengikut lagi. Maka, majulah seluruh bangsa Filistin untuk menangkap Daud. Siasat bangsa Filistin adalah memisahkan Yehuda dari Israel Utara dengan memencar di lembah Refaim. Menghadapi serangan ini, Daud memohon petunjuk Tuhan dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh petunjuk dan kehendak Tuhan hingga berhasil memukul kalah bangsa Filistin (17-21).

Bangsa Filistin tidak menganggap perlu mengubah siasat dan kedudukan mereka dalam penyerangan yang kedua. Di pihak lain, Daud tetap memohon dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh petunjuk Tuhan. Akhirnya, Daud berhasil dengan gemilang karena petunjuk Allah. Bangsa Filistin berhasil diusir dari wilayah pegunungan (22-25).

Proses memperhatikan petunjuk Tuhan dengan sungguh-sungguh diawali dengan sikap rendah hati, lalu mengubah pandangan dan menundukkan diri untuk mau dipimpin dan dikendalikan Tuhan. Kesediaan dipimpin dan dikendalikan Tuhan berarti ada kesediaan meninggalkan hal-hal yang berlawanan dengan kehendak Tuhan. Itulah kunci keberhasilan.

Doa: Mampukan kami untuk sungguh-sungguh memperhatikan petunjuk-Mu dengan meninggalkan hal-hal yang berlawanan dengan kehendak-Mu. [CTR]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/01/31/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Samuel+5:11-25
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Samuel+5:11-25

2 Samuel 5:11-25

11  Hiram, raja negeri Tirus, mengirim utusan kepada Daud dan kayu alas, tukang-tukang kayu dan tukang-tukang batu; mereka mendirikan istana bagi Daud.
12  Lalu tahulah Daud, bahwa TUHAN telah menegakkan dia sebagai raja atas Israel dan telah mengangkat martabat pemerintahannya oleh karena Israel, umat-Nya.
13  Daud mengambil lagi beberapa gundik dan isteri dari Yerusalem, setelah ia datang dari Hebron dan bagi Daud masih lahir lagi anak-anak lelaki dan perempuan.
14  Inilah nama anak-anak yang lahir bagi dia di Yerusalem: Syamua, Sobab, Natan, Salomo,
15  Yibhar, Elisua, Nefeg, Yafia,
16  Elisama, Elyada dan Elifelet.
17  Ketika didengar orang Filistin, bahwa Daud telah diurapi menjadi raja atas Israel, maka majulah semua orang Filistin untuk menangkap Daud. Tetapi Daud mendengar hal itu, lalu ia pergi ke kubu pertahanan.
18  Ketika orang Filistin itu datang dan memencar di lembah Refaim,
19  bertanyalah Daud kepada TUHAN: "Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu? Akan Kauserahkankah mereka ke dalam tanganku?" TUHAN menjawab Daud: "Majulah, sebab Aku pasti akan menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu."
20  Lalu datanglah Daud di Baal-Perasim dan memukul mereka kalah di sana. Berkatalah ia: "TUHAN telah menerobos musuhku di depanku seperti air menerobos." Sebab itu orang menamakan tempat itu Baal-Perasim.
21  Orang Filistin itu meninggalkan berhalanya di sana, lalu Daud dan orang-orangnya mengangkatnya.
22  Ketika orang Filistin maju sekali lagi dan memencar di lembah Refaim,
23  maka bertanyalah Daud kepada TUHAN, dan Ia menjawab: "Janganlah maju, tetapi buatlah gerakan lingkaran sampai ke belakang mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau.
24  Dan bila engkau mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, maka haruslah engkau bertindak cepat, sebab pada waktu itu TUHAN telah keluar berperang di depanmu untuk memukul kalah tentara orang Filistin."
25  Dan Daud berbuat demikian, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, maka ia memukul kalah orang Filistin, mulai dari Geba sampai dekat Gezer.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab


0 komentar:

Posting Komentar