(e-SH) 25 Januari -- 2 Samuel 2:1-7 - Hidup terus Berjalan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 25 Januari 2020
Ayat SH: 2 Samuel 2:1-7

Judul: Hidup terus Berjalan

Perjalanan hidup manusia sering kali tidak bisa diduga. Bisa terjadi perubahan tiba-tiba. Dari keadaan yang baik berubah menjadi tidak baik, dan sebaliknya. Kita harus merespons perkembangan kehidupan dengan sikap yang tepat sehingga kehidupan berkembang ke arah yang lebih baik.

Setelah Saul dan Yonatan meninggal, Daud harus melanjutkan kehidupannya. Ia memohon petunjuk Allah untuk pergi ke wilayah Yehuda (1). Allah memberi perintah pada Daud untuk pergi ke Hebron. Selanjutnya, Daud pergi dan menetap di sana bersama kedua istrinya dan para pengikutnya (2-3). Akhirnya, atas perkenan Allah, Daud diurapi menjadi raja bagi Yehuda (4).

Kemudian orang-orang Yabesh-Gilead datang menemui Daud. Orang Yabesh-Gilead adalah orang-orang yang menguburkan Saul. Atas perbuatan mereka itu pada jenazah Saul, Daud berkenan dan senang. Ia pun akhirnya mengutus seseorang untuk mengatakan ucapan berkat bagi mereka (5). Hal ini memperlihatkan penghargaan Daud bagi orang-orang Yabesh-Gilead atas apa yang mereka perbuat terhadap jenazah Saul.

Daud bertekad untuk melanjutkan kehidupannya dengan mengerjakan perintah Allah. Daud akan hidup sebagai seorang raja Israel dan melanjutkan tugas dari raja sebelumnya (7). Kehidupan Daud berubah drastis. Dari hanya penggembala ternak, akhirnya menjadi raja.

Kehidupan harus terus berjalan dengan cara mengikuti kehendak Allah. Setiap manusia perlu berusaha memahami pimpinan Allah dalam setiap segi kehidupannya dan menjalani kehidupan sesuai kehendak-Nya. Dengan mengikuti perintah Allah, setiap orang akan menuju kehidupan yang lebih baik. Ia akan menyelesaikan kehendak-Nya yang mendatangkan kebaikan bagi umat. Ada kehidupan yang lebih baik sedang dipersiapkan-Nya. Jangan berhenti melangkah dan terpaku pada satu keadaan saja. Teruslah berjalan bersama Tuhan.

Doa: Mampukan kami melangkah sesuai kehendak-Mu, ya Tuhan. [JST]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/01/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Samuel+2:1-7
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Samuel+2:1-7

2 Samuel 2:1-7

 1  Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: "Apakah aku harus pergi ke salah satu kota di Yehuda?" Firman TUHAN kepadanya: "Pergilah." Lalu kata Daud: "Ke mana aku pergi?" Firman-Nya: "Ke Hebron."
 2  Lalu pergilah Daud ke sana dengan kedua isterinya: Ahinoam, perempuan Yizreel, dan Abigail, bekas isteri Nabal, orang Karmel itu.
 3  Juga Daud membawa serta orang-orangnya yang mengiringinya masing-masing dengan rumah tangganya, dan menetaplah mereka di kota-kota Hebron.
 4  Kemudian datanglah orang-orang Yehuda, lalu mengurapi Daud di sana menjadi raja atas kaum Yehuda. Ketika kepada Daud diberitahukan bahwa orang-orang Yabesh-Gilead menguburkan Saul,
 5  maka Daud mengirim orang kepada orang-orang Yabesh-Gilead dengan pesan: "Diberkatilah kamu oleh TUHAN, karena kamu telah menunjukkan kasihmu kepada tuanmu, Saul, dengan menguburkannya.
 6  Oleh sebab itu, TUHAN kiranya menunjukkan kasih dan setia-Nya kepadamu. Akupun akan berbuat kebaikan yang sama kepadamu, karena kamu telah melakukan hal yang demikian.
 7  Kuatkanlah hatimu sekarang dan jadilah orang-orang yang gagah perkasa, sekalipun tuanmu Saul sudah mati; dan aku telah diurapi oleh kaum Yehuda menjadi raja atas mereka."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar