(e-SH) 15 Januari -- Yohanes 7:25-36 - Gagal Paham

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 15 Januari 2020
Ayat SH: Yohanes 7:25-36

Judul: Gagal Paham

Kegagalan dalam memahami kemesiasan Yesus terjadi semakin besar di kalangan orang Yahudi. Beberapa orang yang menyaksikan pengajaran-Nya di Bait Allah (14-24) menduga apakah para pemimpin Yahudi telah mengetahui bahwa Yesus adalah Kristus (25-26). Kalaupun benar, apakah ada bukti konkret bahwa Yesus adalah Kristus (27).

Gagal paham terjadi di kalangan pemimpin agama. Mereka menyadari kemesiasan Yesus, tetapi menolak-Nya (26). Lebih parah lagi, mereka menyuruh penjaga Bait Allah menangkap Yesus ketika orang banyak mulai percaya bahwa Ia adalah Kristus (32). Tidak hanya itu, mereka juga salah mengerti perkataan Yesus (33-36).

Gagal paham dua kelompok ini terjadi karena mereka terarah kepada hal-hal lahiriah dari Yesus. Orang banyak hanya fokus pada asal usul Yesus yang adalah anak tukang kayu (27-28). Para pemimpin agama pun salah memahami perkataan Yesus secara harfiah (35). Alasan lainnya karena mereka tidak mengenal Bapa. Hal itu terlihat dari perkataan Yesus: "...tetapi Aku diutus oleh Dia yang benar yang tidak kamu kenal" (28). Hal itu juga terekspresi dari perkataan-Nya kepada para pemuka agama, "...sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada" (34).

Hal yang sama masih menjadi alasan pada masa sekarang dari orang-orang yang gagal paham terhadap Yesus. Banyak orang menjadi tidak percaya kepada Yesus karena mata rohani mereka tertutup. Untuk mengenal Yesus, butuh kerendahan hati. Segala upaya akademis untuk memahami Yesus sebagai Mesias akan gagal. Hanya mereka yang membuka hati secara penuh kepada Yesus yang akan memahaminya.

Karena itu, kita harus tekun dan serius mempelajari Alkitab secara utuh agar tidak gagal paham memahami Kristus. Alkitab adalah sumber tertinggi dalam memahami Yesus Kristus. Bacalah Alkitab bukan untuk pengetahuan semata, melainkan untuk mengalami pengenalan yang sejati akan Allah.

Doa: Beri kami kerendahan hati untuk memahami diri-Mu, ya Yesus. [JPH]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/01/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yohanes+7:25-36
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+7:25-36

Yohanes 7:25-36

25  Beberapa orang Yerusalem berkata: "Bukankah Dia ini yang mereka mau bunuh?
26  Dan lihatlah, Ia berbicara dengan leluasa dan mereka tidak mengatakan apa-apa kepada-Nya. Mungkinkah pemimpin kita benar-benar sudah tahu, bahwa Ia adalah Kristus?
27  Tetapi tentang orang ini kita tahu dari mana asal-Nya, tetapi bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana asal-Nya."
28  Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru: "Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, tetapi Aku diutus oleh Dia yang benar yang tidak kamu kenal.
29  Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia dan Dialah yang mengutus Aku."
30  Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya belum tiba.
31  Tetapi di antara orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata: "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mujizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?"
32  Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi menyuruh penjaga-penjaga Bait Allah untuk menangkap-Nya.
33  Maka kata Yesus: "Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku.
34  Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada."
35  Orang-orang Yahudi itu berkata seorang kepada yang lain: "Ke manakah Ia akan pergi, sehingga kita tidak dapat bertemu dengan Dia? Adakah maksud-Nya untuk pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan, di antara orang Yunani, untuk mengajar orang Yunani?
36  Apakah maksud perkataan yang diucapkan-Nya ini: Kamu akan mencari Aku, tetapi kamu tidak akan bertemu dengan Aku, dan: Kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada?"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar