(e-RH) 2 Januari -- Lukas 3:1-14 - TITIK SUDUT

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 2 Januari 2020
Bacaan : Lukas 3:1-14
Setahun: Kejadian 4-6
Nats: Dalam tahun kelima belas pemerintahan Kaisar Tiberius ... pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun. (Lukas 3:1-2)

Renungan:

TITIK SUDUT

Andaikan sejarah ialah suatu garis panjang, setiap kita hanyalah satu titik kecil yang ikut berbaris atau berjajar dalam garis itu. Begitu pun Yohanes (Pembaptis). Sama seperti Yohanes, kita semua adalah insan sejarah. Itulah alasan Lukas mencantumkan catatan historis di awal perikop Alkitab ini. Yohanes adalah suatu titik dalam garis sejarah. Namun, ia bukan sembarang titik.

Yohanes bukan sekedar insan sejarah. Ia insan menyejarah. Dirinya memainkan peran genting dan penting. Mengajak orang berbalik dari jalannya yang salah. Bahkan menyerukan anjuran praktis agar orang berubah dari perilaku sehari-hari yang sesat (ay. 11-14), agar hidupnya subur dan berbuah (ay. 8-9). Ia melakonkan peran seorang bentara. Dirinya merintis jalan untuk kedatangan Sang Juru Selamat (ay. 4). Diajaknya orang berbelok di suatu sudut yang bernama pertobatan (ay. 3). Ia adalah suatu titik sudut yang membelokkan garis sejarah.

Kita bukan Yohanes Pembaptis. Namun Tuhan pun menghendaki kita menjadi insan yang ikut menentukan garis sejarah-paling tidak sejarah hidup pribadi kita sendiri atau seseorang di dekat kita. Yaitu dengan melakukan perubahan, bila perlu yang radikal. Kemalasan, kebiasaan buruk, cara berpikir yang kaku, keangkuhan, keengganan dan ketidakpedulian sungguh menantikan aksi perubahan nyata yang diawali dari diri sendiri. Percayalah, buahnya pasti akan terlihat. --PAD/www.renunganharian.net
   
JIKA HIDUPMU IBARAT SUATU GARIS, PASTIKAN GARIS ITU BERBELOK DI SUDUT PERUBAHAN DIRI YANG MEMBAWAMU KEPADA TUHAN DAN KEBENARAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/01/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/01/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+3:1-14

Lukas 3:1-14

 1  Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene,
 2  pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun.
 3  Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu,
 4  seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.
 5  Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan,
 6  dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan."
 7  Lalu ia berkata kepada orang banyak yang datang kepadanya untuk dibaptis, katanya: "Hai kamu keturunan ular beludak! Siapakah yang mengatakan kepada kamu melarikan diri dari murka yang akan datang?
 8  Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
 9  Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api."
10  Orang banyak bertanya kepadanya: "Jika demikian, apakah yang harus kami perbuat?"
11  Jawabnya: "Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat juga demikian."
12  Ada datang juga pemungut-pemungut cukai untuk dibaptis dan mereka bertanya kepadanya: "Guru, apakah yang harus kami perbuat?"
13  Jawabnya: "Jangan menagih lebih banyak dari pada yang telah ditentukan bagimu."
14  Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya: "Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?" Jawab Yohanes kepada mereka: "Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+4-6
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+4-6

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA


0 komentar:

Posting Komentar