(e-SH) 27 Desember -- Yohanes 1:29-34 - Kasih dan Ketaatan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 27 Desember 2019
Ayat SH: Yohanes 1:29-34

Judul: Kasih dan Ketaatan

Dalam Perjanjian Lama, tradisi pengurbanan anak domba memiliki kedudukan yang penting dalam kehidupan rohani orang Yahudi. Dalam Perjanjian Baru, istilah "anak domba" tidak lagi merujuk kepada anak domba secara harfiah, tetapi kepada Yesus sebagai kurban penebusan dosa.

Di tengah pertanyaan tentang identitasnya, Yohanes Pembaptis menunjuk Yesus dan berkata, "Lihatlah, Anak domba Allah yang menghapus dosa dunia!" (29). Ia sedang mengonfirmasikan nubuatan nabi Perjanjian Lama tentang anak domba Allah. Tidak ada rekayasa antara Yohanes dan Yesus. Karena Yesus sudah ada sejak mulanya sebelum Yohanes ada (30-31). Artinya, segala kebenaran yang disampaikan Yohanes Pembaptis murni untuk menyatakan kehendak Allah.

Yesus adalah Anak Domba yang disediakan dan dipersiapkan Allah untuk menggantikan kita yang telah berdosa kepada-Nya. Dia dikurbankan Allah demi misi penebusan. Dan Kristus taat karena Ia mengasihi umat manusia. Ia taat sampai akhirnya.

Jika kasih Allah terlihat dalam ketaatan mutlak Anak-Nya, maka kita pasti dapat memahami arti pengorbanan bagi sesama. Karena kasih dan ketaatan adalah dua hal penting yang terwujud melalui tindakan dan ketaatan Yesus. Seharusnya, kita meneladani apa yang telah dilakukan oleh Kristus secara konkret.

Kedatangan Yesus yang didasari oleh kasih dan kepedulian-Nya terhadap dosa, seharusnya membuat kita merasa layak dibinasakan Allah. Karena itu, marilah kita belajar peduli kepada sesama yang masih terus-menerus hidup dalam dosa. Kita dapat mengasihi mereka dengan cara memberitakan kasih Kristus, baik dalam tutur kata, perilaku, dan kehidupan kita yang mencerminkan cinta kasih Allah.

Untuk hidup dalam kasih dan ketaatan dibutuhkan pengorbanan. Itulah yang diteladankan Kristus. Apa yang telah kita persembahkan bagi Kristus yang sudah berkorban bagi kita?

Doa: Tuhan mampukan kami untuk memahami arti kasih Allah dan ketaatan Kristus. [RS]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2019/12/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yohanes+1:29-34
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+1:29-34

Yohanes 1:29-34

29  Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
30  Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
31  Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
32  Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
33  Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.
34  Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar