(e-RH) 20 Oktober -- Hakim-hakim 10:6-18 - PERTOBATAN SEJATI

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 20 Oktober 2019
Bacaan : Hakim-hakim 10:6-18
Setahun: Lukas 1
Nats: Kata orang Israel kepada TUHAN: "Kami telah berbuat dosa. Lakukanlah kepada kami segala yang baik di mata-Mu. Hanya tolonglah kiranya kami sekarang ini!" (Hakim-hakim 10:15)

Renungan:

PERTOBATAN SEJATI

Kehidupan kita di dunia ini diwarnai keputusan-keputusan yang kita ambil dari sekian banyak pilihan. Dalam menjalin sebuah hubungan misalnya, jika kita memutuskan bergaul dengan orang-orang yang tidak baik, maka kehidupan kita akan berjalan tidak baik. Beruntungnya adalah Allah masih menunjukkan belas kasihan-Nya sehingga kita diberi-Nya kesempatan untuk memulai lagi kehidupan yang lebih baik.

Kehidupan bangsa Israel banyak kali diwarnai dengan sebuah pilihan yang salah. Mereka memilih untuk beribadah kepada para Baal dan meninggalkan Allah (ay. 6). Pilihan itulah yang membuat Allah murka dan berakibat penghukuman. Alkitab menulis bagaimana orang-orang Israel sangat terdesak dan menderita. Dalam situasi itulah, bangsa Israel teringat kepada Allah dan berseru kepada-Nya.

Dari seruan bangsa Israel dan bagaimana tindakan mereka, kita memahami arti pertobatan sejati: Pertama, pertobatan dimulai dengan sebuah pengakuan bahwa dirinya berdosa kepada Allah (ay. 10). Pengakuan yang didasari kesadaran bahwa ia telah melukai Allah dengan sengaja. Kedua, dalam pertobatan ada penyerahan kepada Allah, apakah itu hukuman atau pengampunan yang akan diterima (ay. 15). Dan ketiga, pertobatan berarti meninggalkan dosa dan kejahatannya (ay. 16). Kembali kepada Allah harus disertai dengan tekad untuk meninggalkan kesalahan dan membuat pilihan baru dengan melakukan kembali apa yang menjadi kehendak Allah. Sebesar apa pun kesalahan kita, Allah dengan belas kasihan-Nya tetap menyediakan kasih karunia untuk mengampuni kita. --SYS/www.renunganharian.net
   
SEBESAR APA PUN KESALAHAN KITA, ALLAH MEMBERI KESEMPATAN AGAR KITA KEMBALI PADA JALAN-JALAN-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/10/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2019/10/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Hakim-hakim+10:6-18

Hakim-hakim 10:6-18

 6  Orang Israel itu melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; mereka beribadah kepada para Baal dan para Asytoret, kepada para allah orang Aram, para allah orang Sidon, para allah orang Moab, para allah bani Amon dan para allah orang Filistin, tetapi TUHAN ditinggalkan mereka dan kepada Dia mereka tidak beribadah.
 7  Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel, dan Ia menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Filistin dan bani Amon.
 8  Dalam tahun itu juga orang Israel ditindas dan diinjak mereka; delapan belas tahun lamanya mereka memperlakukan demikian semua orang Israel yang di seberang sungai Yordan di tanah orang Amori yang di Gilead.
 9  Dan bani Amonpun menyeberangi sungai Yordan untuk berperang melawan suku Yehuda, suku Benyamin dan keturunan Efraim, sehingga orang Israel sangat terdesak.
10  Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, katanya: "Kami telah berbuat dosa terhadap Engkau, sebab kami telah meninggalkan Allah kami lalu beribadah kepada para Baal."
11  Tetapi firman TUHAN kepada orang Israel: "Bukankah Aku yang telah menyelamatkan kamu dari tangan orang Mesir, orang Amori, bani Amon, orang Filistin,
12  orang Sidon, suku Amalek dan suku Maon yang menindas kamu, ketika kamu berseru kepada-Ku?
13  Tetapi kamu telah meninggalkan Aku dan beribadah kepada allah lain; sebab itu Aku tidak akan menyelamatkan kamu lagi.
14  Pergi sajalah berseru kepada para allah yang telah kamu pilih itu; biar merekalah yang menyelamatkan kamu, pada waktu kamu terdesak."
15  Kata orang Israel kepada TUHAN: "Kami telah berbuat dosa. Lakukanlah kepada kami segala yang baik di mata-Mu. Hanya tolonglah kiranya kami sekarang ini!"
16  Dan mereka menjauhkan para allah asing dari tengah-tengah mereka, lalu mereka beribadah kepada TUHAN. Maka TUHAN tidak dapat lagi menahan hati-Nya melihat kesukaran mereka.
17  Kemudian bani Amon dikerahkan dan berkemah di Gilead, sedang orang Israel berkumpul dan berkemah di Mizpa.
18  Maka para pemimpin bangsa di Gilead berkata seorang kepada yang lain: "Siapakah orang yang berani memulai peperangan melawan bani Amon itu? Dialah yang harus menjadi kepala atas seluruh penduduk Gilead."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+1
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+1

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2019 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar