(e-SH) 22 September -- Lukas 12:1-12 - Takut dan Kasih akan Allah

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 22 September 2019
Ayat SH: Lukas 12:1-12

Judul: Takut dan Kasih akan Allah

Ketika bermain, anak-anak sering kali saling membanggakan bapaknya sebagai yang lebih hebat dari yang lain. Kebanggaan ini adalah cerminan pengakuan akan kehebatan sekaligus menunjukkan kedekatan mereka kepada bapaknya.

Yesus mengkhususkan pengajaran-Nya kepada para murid-Nya (1). Ia mengingatkan murid-murid agar waspada terhadap pengajaran orang Yahudi karena mereka munafik. Yesus memperingatkan para murid-Nya supaya mereka takut akan Tuhan. Sebab, Ia yang berkuasa atas kehidupan di dunia dan kehidupan setelah kematian (5). Tuhan berdaulat atas segala sesuatu yang terjadi. Manusia bisa melakukan banyak hal, tetapi tidak ada sesuatu pun yang terjadi di luar jangkauan-Nya. Bahkan, Allah tahu jumlah rambut di kepala manusia. Jadi, kehidupan murid-murid seharusnya jangan digerakkan oleh rasa takut kepada manusia dan aturan-aturan agama, tetapi digerakkan hanya oleh rasa takut akan Tuhan.

Apa artinya takut akan Allah? Yesus berkata kepada para murid-Nya bahwa mereka sangatlah berharga, bahkan lebih berharga dari banyak burung pipit (7). Inilah alasan mengapa kemudian Yesus berkata kepada mereka agar jangan takut kepada para majelis, pemerintah, dan penguasa (11). Hanya Allah yang layak ditakuti.

Seorang anak mengetahui bahwa bapaknya jauh lebih berkuasa dan merupakan pemilik hidupnya. Karena itu, seorang anak akan merasa takut kepada bapaknya, tetapi sekaligus mengasihinya. Maka, seorang anak akan dengan bangga mengakui bapaknya kepada teman-temannya.

Sebagai orang percaya, pengenalan kita akan Allah yang berdaulat akan memunculkan rasa hormat kepada Pencipta. Kita mengasihi-Nya karena perbuatan-Nya yang berharga. Rasa takut dan kasih ini senantiasa membuat kita menyaksikan perbuatan-Nya, baik dalam kehidupan pribadi maupun orang-orang di sekitar kita.

Doa: Ya Allah, kami bersyukur karena kami berharga di mata-Mu. Kami mau menyaksikan perbuatan-Mu di dalam hidup kami. [RG]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2019/09/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+12:1-12
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+12:1-12

Lukas 12:1-12

 1  Sementara itu beribu-ribu orang banyak telah berkerumun, sehingga mereka berdesak-desakan. Lalu Yesus mulai mengajar, pertama-tama kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: "Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi.
 2  Tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.
 3  Karena itu apa yang kamu katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang, dan apa yang kamu bisikkan ke telinga di dalam kamar akan diberitakan dari atas atap rumah.
 4  Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi.
 5  Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia!
 6  Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekorpun dari padanya yang dilupakan Allah,
 7  bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.
 8  Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.
 9  Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah.
10  Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni.
11  Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu.
12  Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar