(e-RH) 28 Juli -- 1 Samuel 18:6-14 - DIPICU SATU NYANYIAN

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 28 Juli 2019
Bacaan : 1 Samuel 18:6-14
Setahun: Pengkhotbah 5-8
Nats: Sejak hari itu maka Saul selalu mendengki Daud. (1 Samuel 18:9)

Renungan:

DIPICU SATU NYANYIAN

Kisah tentang kedengkian Saul kepada Daud sudah lama saya dengar. Namun, suatu hari ketika membaca dengan perlahan kisahnya, saya terkejut karena Saul ternyata membenci Daud hanya karena mendengar satu nyanyian. Isi nyanyian dari para perempuan yang membandingkan prestasi perang Saul dan Daud, ternyata menyebalkan hati Saul (ay. 8). Sejak itu pula, Saul selalu mendengki Daud sampai akhir hayatnya.

Apa yang menjadi masalah Saul? Ia sukar menerima ketika prestasinya dalam peperangan sepertinya diabaikan, karena Daud dianggap lebih hebat dibandingkan dengan dirinya. Padahal faktanya tidak demikian. Tak ada seorang pun mencela atau mengabaikan jasanya. Saul hanya gagal membendung iri hatinya, sekaligus memiliki kekhawatiran berlebihan terkait statusnya sebagai raja. Ia khawatir Daud akan menggantikannya sebagai raja Israel (ay. 8). Pikiran paranoid seperti ini tanpa sadar terkadang juga menghinggapi kita. Ketika kita mendengar rekan kerja sekantor mendapat pujian melebihi pujian yang kita terima, apakah hati kita bisa tetap tenang? Ketika tanpa sadar pasangan kita memuji orang lain, sedangkan kita tidak bisa melakukan hal itu dengan baik, apakah pikiran kita tetap positif?

Ketika hal-hal di atas terjadi, kita perlu berhati-hati karena "virus kedengkian" yang menguasai Saul, berpotensi menguasai diri kita pula. Abaikan saja hal tersebut dan berfokuslah pada sesuatu yang dapat kita lakukan dengan sangat baik. Masakan jika kita mampu menjaga konsistensi dalam hal prestasi, tak ada orang yang menghargai kita? Tak mungkin! --GHJ/www.renunganharian.net
   
KETIKA KEDENGKIAN MENGUASAI, PIKIRAN DAN TINDAKAN PUN DAPAT TAK TERKENDALI.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/07/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2019/07/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Samuel+18:6-14

1 Samuel 18:6-14

 6  Tetapi pada waktu mereka pulang, ketika Daud kembali sesudah mengalahkan orang Filistin itu, keluarlah orang-orang perempuan dari segala kota Israel menyongsong raja Saul sambil menyanyi dan menari-nari dengan memukul rebana, dengan bersukaria dan dengan membunyikan gerincing;
 7  dan perempuan yang menari-nari itu menyanyi berbalas-balasan, katanya: "Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa."
 8  Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menyebalkan hatinya, sebab pikirnya: "Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itupun jatuh kepadanya."
 9  Sejak hari itu maka Saul selalu mendengki Daud.
10  Keesokan harinya roh jahat yang dari pada Allah itu berkuasa atas Saul, sehingga ia kerasukan di tengah-tengah rumah, sedang Daud main kecapi seperti sehari-hari. Adapun Saul ada tombak di tangannya.
11  Saul melemparkan tombak itu, karena pikirnya: "Baiklah aku menancapkan Daud ke dinding." Tetapi Daud mengelakkannya sampai dua kali.
12  Saul menjadi takut kepada Daud, karena TUHAN menyertai Daud, sedang dari pada Saul Ia telah undur.
13  Sebab itu Saul menjauhkan Daud dari dekatnya dan mengangkat dia menjadi kepala pasukan seribu, sehingga ia berada di depan dalam segala gerakan tentara.
14  Daud berhasil di segala perjalanannya, sebab TUHAN menyertai dia.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Pengkhotbah+5-8
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Pengkhotbah+5-8

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2019 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar